Peresmian Ruang Rawat Inap Puskesmas, Bupati Hendrajoni Deklarasikan Stop BABS!


Rabu, 05 Februari 2020 - 23:55:13 WIB
Peresmian Ruang Rawat Inap Puskesmas,  Bupati Hendrajoni Deklarasikan Stop  BABS! Bupati Hendrajoni didampingi sejumlah pejabat terkait saat memotong pita pertanda diresmikan gedung rawat inap Puskesmas Barung-Barung Balantai. foto Humas Pemkab Pessel

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Bupati Pesisir Selatan Hendrajoni, meresmikan pemakaian gedung rawat inap serta melakukan deklarasi Stop Buang Air Besar Sembarangan (Stop BABS), Puskesmas Tarusan dan Puskesmas Barung-Barung Balantai, Kecamatan Koto XI Tarusan, Rabu (5/2).

Kegiatan yang difokuskan di Puskesmas Barung-Barung Balantai tersebut, sekaligus ditandai dengan komitmen bersama lounching Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas se Kabupaten Pesisir Selatan.

Tiga kegiatan yang di kemas secara bersamaan tersebut, turut dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Satria Wibawa, Direktur RSUD M.Zein Painan, Sutarman, Camat Koto XI Tarusan, Deni Anggara, sejumlah Wali Nagari dan pejabat terkait lainnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Hendrajoni mengatakan, hingga kini daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu terus berupaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada masyarakat.

"Ya, tujuannya agar pelayanan kesehatan tetap maksimal bagi masyarakat. Sehingga berbagai sarana dan prasarana penunjang sangat perlu kita tingkatkan. Hal ini bakal kami terapkan kepada seluruh Puskesmas yang ada di Pessel," kata Hendrajoni disela-sela peninjauan gedung baru Puskesmas setempat.

Ia berharap, seluruh dokter, bidan, perawat, dan sejumlah tenaga kesehatan lainnya mesti memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dengan cara bersikap ramah dan santun kepada pasien.

"Selain itu, kami minta tenaga kesehatan jangan sampai menolak pasien dengan alasan tidak memiliki uang. Jika tidak ada uang mintak saja sama saya. Jangan sampai masyarakat yang jadi korban. Jika terjadi, laporkan sama saya," ujarnya menegaskan.

Menurutnya, kualitas kesehatan masyarakat bakal membaik jika pelayanan yang diberikan ramah dan maksimal kepada pasien. Jika kesadaran tersebut sudah diterapkan dalam hati masing-masing, maka pelayanan kesehatan akan berjalan optimal diseluruh Puskesmas dan RSUD daerah setempat.

"Namun yang terpenting adalah jaga kesehatan dengan pola hidup sehat dan bersih. Biasakan pola makan dan tidur teratur. Karena itu, kami sangat mengapresiasi deklarasi stop BABS yang dicanangkan saat ini," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Satria Wibawa menyebutkan, pihaknya menargetkan seluruh Puskesmas di daerah itu bakal memiliki rawat inap pada 2021.

"Saat ini, 20 Puskesmas yang ada di Pessel sudah terakreditasi, 13 sudah rawat inap, termasuk Puskesmas Berlan yang kami resmikan saat ini," ucapnya.

Ia mengatakan, hingga kini pihaknya terus berupaya meningkatkan berbagai sarana dan prasarana medis pada masing-masing Puskesmas yang ada di daerah setempat. Tak hanya itu, Puskesmas yang masih berstatus rawat jalan bakal ditingkatkan menjadi rawat inap.

"Hal ini tentu perlu dukungan semua pihak. Target kami pada 2021, semua Puskesmas di Pessel sudah rawat inap," katanya. (h/*)

 

 Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 06 Desember 2018 - 18:23:20 WIB

    Peresmian Balai Adat Silungkang, Pemangku Adat Harus Ikuti Perkembangan Zaman

    Peresmian Balai Adat Silungkang, Pemangku Adat Harus Ikuti Perkembangan Zaman SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM- Pemangku adat dan niniak mamak harus mampu menyesuaikan kondisi terkini atau mengikuti modernisasi sehingga tidak tertinggal atau terlindas oleh perkembangan zaman itu sendiri..
  • Sabtu, 10 Februari 2018 - 09:22:36 WIB

    Rekanan Dukung Penuh Peresmian Pasar Padang Panjang

    Rekanan Dukung Penuh Peresmian Pasar Padang Panjang PADANG PANJANG, HARIANHALUAN.COM – PT Hutama Karya (HK) selaku rekanan Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang dalam pembangunan Pasar Pusat Kota Padang Panjang, sangat mendukung penuh niat Pemko untuk meresmikan Pasar Pusa.
  • Kamis, 17 Maret 2016 - 03:31:34 WIB

    Group Kesenian Pasbar Tampil di Peresmian Gedung Polda

    PASBAR, HALUAN — Se­jumlah group kesenian dan berbagai jenis kesenian daerah Provinsi Sumatera Barat disuguhkan pada kunjungan Kapolri dalam rangka peresmian gedung baru Polda Sumatera Ba­rat. Tentunya, group-group kese­.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]