Luar Biasa..! Bercorak Istana Kerajaan Inderapura, Kantor Camat Pancung Soal Diresmikan Bupati Hendrajoni


Rabu, 05 Februari 2020 - 00:05:38 WIB
Luar Biasa..! Bercorak Istana Kerajaan Inderapura, Kantor Camat Pancung Soal Diresmikan Bupati Hendrajoni Kantor Camat Pancung Soal didesain unik bercorak Kerajaan Inderapura pada masa dulunya.

PAINAN,HARIANHALUAN.COM- Bupati Hendrajoni meresmikan pemakaian gedung baru Kantor Camat Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan, yang bercorak istana Kerajaan Inderapura, Rabu (5/2).

"Kantor camat Pancung Soal ini, di desain unik menyerupai istana Kerajaan Inderapura pada masa dulunya," ujarnya pada wartawan usai peresmian tersebut.

Ia menyebutkan, Inderapura merupakan daerah kerajaan di Pesisir Selatan yang pernah berjaya pada abad 15 hingga pertengahan abad ke 16.

"Jadi, kantor camat ini kami dirikan sebagai upaya memperkuat nilai-nilai sejarah di Pesisir Selatan, terutama terkait keberadaan Kerajaan Inderapura," katanya.

Menurutnya, agar tak tergerus perkembangan zaman, maka bagian depan kantor camat di desain menyerupai bentuk istana Kerajaan Inderapura. Hal tersebut juga melibatkan sejumlah tokoh masyarakat, tetua adat, dokumen, untuk mengetahui sumber cerita kerajaan Inderapura.

Sementara, pada bagian kantor camat dibentuk menyerupai Rumah Gadang Pasisia dengan pola atap tidak memiliki gonjong atau populer dengan sebutan kajang padati.

"Perbedaan atap Rumah Gadang Pasisia memang cukup mencolok jika dibandingkan dengan rumah gadang lainnya yang ada di Minangkabau. Hal ini bakal memperkuat nilai sejarah daerah kita kedepannya," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Inderapura, Khairul Saleh Rangkayo Maha Rajo Garang mengapresiasi, kepedulian Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan terhadap nilai-nilai sejarah di daerah setempat.

"Dengan telah dibangunnya kantor camat ini, sudah membuat kami senang. Apalagi bangunannya menyerupai istana Kerajaan Indrapura pada masa dulunya," ucapnya.

Selain itu, ia mewakili masyarakat setempat berharap dengan diresmikannya pembangunan kantor camat Pancung Soal, kedepannya berbagai macam pelayanan semakin cepat, baik, dan optimal.

Turut hadir pada kesempatan itu, Ketua TP PKK setempat, Lisda Hendrajoni yang sekaligus anggota DPR RI Komisi VIII Fraksi Nasdem, sejumlah OPD, Camat, Walinagari, dan tokoh masyarakat setempat. (h/*)

 Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]