Pertama  di Indonesia, Penanaman PSR Dilaksanakan di Dhamasraya 


Kamis, 06 Februari 2020 - 00:44:58 WIB
Pertama  di Indonesia, Penanaman PSR Dilaksanakan di Dhamasraya  Penanaman Peremajaan Sawit Rakyat bertempat pada tiga KUD di Kabupaten Dharmasraya . foto JAROT

DHARMASRAYA,HARIANHALUA.COM-Rombongan tim Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) hadir di Kabupaten Dharmasraya,  Selasa hingga Rabu (6/2/2020) untuk melaksanakan penanaman perdana program PSR.

 

Rombongan mewakili Jendral TNI (purn)Moeldoko sebagai ketua asosiasi petani sawit Indonesia (APKASINDO) adalah   Mayjen TNI (Purn) Erro Kusnara,SIP, tenaga ahli Staf Presiden Dr Chandra, tenaga ahli Kantor Wakil Presiden dan Direktur penghimpunan dana BPDPKS serta Dewan Perwakilan  APKASINDO Provinsi Sumatera Barat Jufrinur,SE.MM.
     
Penanaman Peremajaan sawit rakyat pertama se Indonesia itu ditempatkan tiga KUD di Kabupaten Dharmasraya yakni KUD Lubuk Karya di Kanagarian Koto Tinggi, KUD Bina Usaha di ke Nagarian Koto Gadang Kecamatan Koto  Besar, dan di KUD Bukit Raya Kenagarian Koto Beringin, Kecamatan Koto Baru.

Ketua KUD Lubuk Karya Jho Nasri mengatakan, pihaknya dan masyaraat sangat bersyukur sekali dengan adanya program Presiden ini,karena tanaman sawit di KUD Lubuk Karya memang  sudah banyak yang tua dan sangat butuh peremajaan. "Kami  sangat bersyukur dengan adanya program dari Bapak Presiden kita ini,"  ujarnya  penuh semangat.

 

Mayjen TNI (Purn )Erro Kusnara,SIP  dalam kunjungan ini juga menyampaikan amanat Presiden Repulik Indonesia, bahwa sawit rakyat suatu  komoditi yang stragis penyumbang devisa Negara, karen itu harus diremajakan agar hasilnya kedepan dapat kita optimal kan sesuai standar ISO, dan agar kita dapat bersaing dengan negara lain.

Dalam peremajaan sawit Rakyat ini Pemerintah Pusat membantu petani sawit yang tergabung dalam Kope rasi Unit Desa (KUD) Petani sawit Rp25.000.000 perhektarnya. Uang ini tidak dikembalikan atau pemberian gratis.

"Tapi penggunaannya harus tepat sasaran, dan harus ada dukungan pemerintah daerah kabupaten Dharmasraya," harapnya. (h/jrt)

Reporter : RAHMAN JAROT /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 08 Mei 2020 - 15:25:23 WIB

    Gerai McDonald's Pertama di Indonesia Resmi Ditutup

    Gerai McDonald's Pertama di Indonesia Resmi Ditutup JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Restoran cepat saji McDonald's atau McD Sarinah mengucapkan salam perpisahan karena akan tutup pada Minggu, 10 Mei 2020. Melalui Instagram, McDonald's Indonesia mengucapkan terima kasih kepada par.
  • Rabu, 08 April 2020 - 13:42:59 WIB

    Bukan Mobil, Ini Barang Pertama yang Bakal Dicari usai Wabah Corona

    Bukan Mobil, Ini Barang Pertama yang Bakal Dicari usai Wabah Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Hampir semua para pelaku bisnis sibuk mencari cara, agar bisa tetap bertahan di tengah pandemi virus corona. Beberapa ada yang menyerah, dan harus memutus hubungan kerja dengan karyawan mereka..
  • Ahad, 01 Maret 2020 - 13:34:47 WIB

    18 Ribu Keluarga di Sumbar Terima PKH Tahap Pertama Sebesar Rp15 Miliar

    18 Ribu Keluarga di Sumbar Terima PKH Tahap Pertama Sebesar Rp15 Miliar PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Salah satu keberhasilan Program Keluarga Harapan (PKH) di Kota Padang dapat dilihat dari tergraduasinya sebanyak 2.420 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari 2014 sampai dengan 2020. 542 KPM diantara.
  • Sabtu, 01 Februari 2020 - 13:54:48 WIB

    Duh..! Harga Solar Naik, Harga Pertamax Turun Sedikit

    Duh..! Harga Solar Naik, Harga Pertamax Turun Sedikit JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-PT Pertamina (Persero) baru saja merilis daftar harga terbaru Bahan Bakar Minyak (BBM) umum. Harga tersebut setelah melakukan penyesuaian sesuai dengan aturan yang berlaku..
  • Selasa, 24 Desember 2019 - 12:44:18 WIB

    Pertama di Dunia, RI Mulai B30 Demi Bereskan Tekor Neraca Dagang

    Pertama di Dunia, RI Mulai B30 Demi Bereskan Tekor Neraca Dagang JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah akhirnya menerapkan program mandatori biodiesel 30% atau B30 setelah melalui rangkaian uji coba sejak November 2019. Program B30 ini juga menjadi yang pertama di dunia..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]