Tahun Ini, Politeknik Negeri Padang Tak Sediakan Kuota Khusus dan Prioritas


Kamis, 06 Februari 2020 - 07:06:41 WIB
Tahun Ini, Politeknik Negeri Padang Tak Sediakan Kuota Khusus dan Prioritas Direktur PNP, Surfa Yondri, S.T, S.S.T, M.Kom dalam Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru PNP Tahun 2020 kepada siswa SMA, MA, dan SMK Sumatera Barat di Aula PKM-PNP, Rabu (5/2/2020).

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Politeknik Negeri Padang (PNP) tidak akan membeda-bedakan calon mahasiswa dalam mengikuti ujian Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negri (SBMPN). Pihak kampus juga tak memberikan kuota khusus atau prioritas untuk tamatan SMK.

Pasalnya ujian masuk SBMPN dilaksanakan dengan soal yang sama se-Indonesia dan tidak ada bobot khusus untuk pemilih dari SMA/MA/SMK.

Hal itu ditegaskan Direktur PNP, Surfa Yondri, S.T, S.S.T, M.Kom dalam Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru PNP Tahun 2020 kepada siswa SMA, MA, dan SMK Sumatera Barat di Aula PKM-PNP, Rabu (5/2/2020).

Tak adanya kuota khusus atau prioritas untuk SMK, kata Surfa Yondri, menjadi salah satu dari 6 poin penting dalam pertemuan yang dihadiri oleh sekitar 250 orang kepala sekolah atau pimpinan sekolah yang menjadi peserta. Selain itu, lebih dari 50 orang peserta masih dalam status belum terkonfirmasi namun antusias hadir untuk mengikuti sosialisasi.

"Kelima poin penting lainnya adalah usulan agar PNP memiliki prodi yang berhubungan dengan seni," ujar Surfa Yobdri.

Seperti, animasi mengikutsertakan dan memperluas kerjasama seleksi dengan PTS, termasuk Universitas Muhammadiyah, Riau, dan berkomitmen menerima mahasiswa Jurusan Akuntansi dari siswa pemenang Olimpiade Akuntansi peringkat 1, 2, 3 yang diselenggarakan oleh PNP.

Kemudian, sambung Surfa Yondri, PNP juga memiliki kebijakan agar kerjasama Prodi Teknik Alat Berat tidak terbatas dengan perusahaan Trakindo saja. Namun, juga dengan perusahaan teknik alat berat secara umum. Karena lulusan bukan hanya berpeluang bekerja di PT Trakindo tetapi juga dengan perusahaan lain.

"Kita berharap agar calon mahasiswa yang lolos seleksi SNMPN tidak meninggalkan PNP karena menghambat peluang calon lain yang lebih berminat masuk PNP," harap Surfa Yondri.

Terakhir Surfa Yondri mengimbau kepada seluruh peserta yang notabene pimpinan sekolah itu agar mengingatkan calon mahasiswa yang lolos seleksi SNMPN nanti tidak meninggalkan PNP.

"Tindakan tersebut menghambat peluang calon lain yang lebih berminat untuk masuk ke PNP," tukasnya. (*)

 Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]