Makin Canggih..! Kominfo Rangkul PSE Kembangkan UMKM Go Online


Kamis, 06 Februari 2020 - 08:33:17 WIB
Makin Canggih..! Kominfo Rangkul PSE Kembangkan UMKM Go Online Menteri Kominfo Johnny G. Plate.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong perusahaan Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) dan over the top (OTT) untuk mendukung pengembangan UMKM Go Online.

"UMKM dan ultra micro business mengambil kesempatan dan bisa melakukan usahanya di sarana dan prasarana platform maupun aplikasi yang ada," kata Menteri Kominfo Johnny G. Plate, dikutip dari laman resmi Kominfo, Kamis (6/2/2020).

Menteri Kominfo menjelaskan saat ini sebagian besar UMKM masih menjalankan usahanya secara offline. Oleh karena itu, menurutnya perlu dukungan dari semua pihak untuk mengajak UMKM agar mau memasuki dunia perdagangan online.

"Menjadi tugas kita bersama-sama untuk mengajak mereka untuk masuk di wilayah online setelah tersedianya akses internet," ujarnya.

Menteri Johnny juga memastikan pengawasan terhadap PSE telah berjalan dengan baik.

Berkaitan dengan masih banyaknya konten-konten negatif yang beredar di internet, Kementerian Kominfo telah menjalin kerja sama dengan berbagai kementerian dan lembaga terkait untuk penanganan dan penindakan terhadap konten tersebut.

"Salah satu upaya untuk mencegah penyebaran konten negatif yang sudah dilakukan adalah dengan melakukan kerja sama dengan dunia pendidikan, tokoh masyarakat dan agama, serta berbagai kelompok sosial untuk melakukan edukasi dan pelatihan literasi digital kepada masyarakat," jelas Menteri Kominfo.

Kementerian Kominfo juga menyambut baik kerja sama dengan Komisi I DPR RI dalam penyelenggaraan berbagai kegiatan edukasi dan literasi untuk masyarakat.

"Kami menyambut baik dan selalu ingin untuk melakukan sinergi kegiatan bersama-sama dgn Komisi I, agar usaha edukasi dan literasi terkait dengan pemanfaatan ruang digital dan fasilitas infrastruktur digital yang dimiliki oleh bangsa dan negara kita ini bisa dilakukan dengan baik," ungkapnya.

Menteri Kominfo menegaskan penanganan terhadap para pelaku penyebar konten negatif akan mengedepankan pendekatan secara persuasif.

"Contohnya upaya Kementerian Kominfo dalam menangkal hoaks dan disinformasi terkait virus corona yang saat ini telah ada sebanyak 63 konten negatif," tandasnya.

Kementerian Kominfo melakukan berbagai upaya yaitu dengan memberikan penjelasan tentang informasi yang benar, memberikan stempel hoaks atau disinformasi, serta menyebarkan penjelasan tersebut melalui berbagai saluran-saluran media dan mitra-mitra Kominfo.

"Kementerian Kominfo memonitornya dan membuat counter informasi konten dengan memberikan stempel hoaks dan disinformasi. (Kemudian) setiap konten itu dan diedarkan melalui semua instrumen dan fasilitas media yang dimiliki oleh Kominfo dan bekerja sama dengan semua pemerhati sosial," jelasnya. (*)

 Sumber : Kominfo /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 02 Mei 2020 - 12:18:07 WIB

    Dekati Rp60 Ribu per Kg, Harga Bawang Merah di Padang Makin 'Perih'

    Dekati Rp60 Ribu per Kg, Harga Bawang Merah di Padang Makin 'Perih' PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Menginjak hari puasa keenam, harga sejumlah bahan pokok semakin melonjak naik. Salah satunya, bawang merah. Di Pasar Raya Padang, harga bawang merah dijual hingga Rp55 ribu per kilogram (kg). Begit.
  • Rabu, 29 April 2020 - 09:50:41 WIB

    Bekerja dan Belajar dari Rumah di Nagari Terpencil Makin Mudah Berkat PT.CSP

    Bekerja dan Belajar dari Rumah di Nagari Terpencil Makin Mudah Berkat PT.CSP PADANG, HARIANHALUAN.COM - Saat pandemi covid-19 melanda di Indonesia, bekerja dan belajar dari rumah sudah menjadi imbauan dan keharusan, apalagi dengan dilakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Semua urusan baik.
  • Jumat, 03 April 2020 - 10:51:43 WIB

    Makin Berkilau, Harga Emas Melonjak Rp944 Ribu per Gram

    Makin Berkilau, Harga Emas Melonjak Rp944 Ribu per Gram JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Harga jual emas PT Aneka Tambang (Persero) Tbk atau Antam berada di posisi Rp944 ribu per gram pada perdagangan Jumat (3/4/2020) atawa naik Rp26 ribu dari Rp918 ribu per gram pada Kamis (2/4/2.
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 07:12:16 WIB

    Stimulus Ekonomi Makin Perkasa, Indeks Saham AS Kembali Menguat

    Stimulus Ekonomi Makin Perkasa, Indeks Saham AS Kembali Menguat NEW YORK, HARIANHALUAN.COM -- Indeks Dow Jones Industrial Average melonjak lebih dari 13 persen dalam dua hari perdagangan Selasa dan Rabu (25/3/2020)..
  • Rabu, 25 Maret 2020 - 16:31:57 WIB

    Pergerakan ETF Saham Makin Agresif

    Pergerakan ETF Saham Makin Agresif PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pertumbuhan Exchange Traded Fund (ETF) di Indonesia terus menunjukkan peningkatan. Desember 2019, tercatat 38 ETF dengan Asset Under Management (AUM) mencapai Rp14,197 triliun..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]