Presiden Trump Selamat dari  Pemakzulan, Berpeluang Nyapres Lagi!


Kamis, 06 Februari 2020 - 09:48:51 WIB
Presiden Trump Selamat dari  Pemakzulan, Berpeluang Nyapres Lagi! President Donald Trump (Shutterstock)

WASHINGTON, HARIANHALUAN.COM-Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump  lolos dari serangkaian  upaya melengserkan dirinya. Ia bahkan kini berpeluang  terpelih kembali  pada Pilpres mendatang.


Trump  dinyatakan bebas dari semua dakwaan dalam persidangan pemakzulannya, mengakhiri upaya melengserkannya lewat jalur kongres.

Senat, yang dikuasai partai Republik, melalui pemungutan suara memilih membebaskan Trump dari dakwaan menyalahgunakan kekuasaan (52 suara lawan 48 suara ) dan menghalangi Kongres (53 suara lawan 47 suara).

Partai Demokrat menggugat Trump pada Desember atas tuduhan menekan Ukraina untuk menyelidiki bakal calon saingannya dalam pemilihan presiden.

Pada November mendatang, Trump akan menjadi presiden pertama yang pernah dimakzulkan dan kembali mencalonkan diri.

Dalam pemungutan suara yang bersejarah pada Rabu (5/2/2020) waktu setempat, Senat memutuskan tidak menurunkan presiden Amerika ke-45 itu dari jabatannya atas dua dakwaan yang timbul dari urusannya dengan Ukraina.

Padahal jika terbukti bersalah atas dakwaan tersebut, Trump harus menyerahkan posisinya kepada Wakil Presiden Mike Pence. (*)

 Sumber : Inews /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]