Usulan Musrenbang Harus Menyentuh ke Masyarakat


Kamis, 06 Februari 2020 - 14:21:40 WIB
Usulan Musrenbang Harus Menyentuh ke Masyarakat SUASANA Musrenbang tingkat Kecamatan Barangin Kota Sawahlunto, 6 Februari 2020. RIKI YUHERMAN

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM - Walikota Sawahlunto, Deri Asta menyebutkan, usulan pembangunan yang diajukan di dalam Rencana Pembangunan Desa atau kelurahan haruslah dapat menyentuh langsung kehidupan masyarakat banyak. Desa atau Kelurahan sendirilah yang lebih tahu kebutuhan pembangunan yang benar benar dibutuhkan oleh masyarakatnya.

Hal itu diungkapkan Walikota saat membuka Membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kecamatan Barangin Kamis, 6 Februari 2020.

"Manfaat anggaran itu tidak saja terkait uang tapi juga bagaimana melibatkan seluruh masyarakat. Perencanaan pembangunan yang berjalan selama ini harus dilakukan evaluasi, karena Desa dan Kelurahan yang lebih tahu dan detail terkait daerahnya sendiri," ujar Deri Asta.

Selain itu Wako juga menekankan, fokus kerja pada kinerja nyata yang memberikan perubahan pada kesejahteraan masyarakat, tidak hanya sekedar kegiatan seremonial saja.

"Yang harus menjadi perhatian utama Pemerintah Kota sampai Pemerintah Desa, adalah pengentasan kemiskinan. Dimana berbagai program, seperti pemberian bantuan modal usaha, hewan ternak dan bibit tanaman menjadi salah satu strategi untuk memicu pertumbuhan ekonomi masyarakat menuju kesejahteraan bersama," tuturnya.

Untuk itu lanjutnya, juga penting dan wajib setiap desa untuk menganggarakan program penanggulangan kemiskinan. Sementara Pemko juga membantu penuh dengan melibatkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD)/Dinas.

"Setiap dinas sekarang diberikan amanah untuk membantu beberapa desa dalam menurunkan jumlah penduduk miskin. Terkait Musrenbang, diingatkan agar usulan kegiatan pembangunan dapat disesuaikan dengan visi-misi kepala daerah dalam RPJMD," ujarnya

Sementara Camat Barangin, Zainul Anwar mengatakan, sebelum Musrenbang tingkat Kecamatan, pihaknya terlebih dahulu telah mendampingi Musrenbang di tingkat Desa dan Kelurahan.

"Sehingga telah tersusunannya rencana pembangunan dari desa dan kelurahan yang ada diantaranya, 50 usulan pembangunan fisik, dan 42 usulan kegiatan sosial budaya," ujarnya. (h/rki)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]