Buruh Ancam Kembali Demo Jika BPJS Kesehatan Tak Diturunkan


Kamis, 06 Februari 2020 - 15:59:57 WIB
Buruh Ancam Kembali Demo Jika BPJS Kesehatan Tak Diturunkan Buruh mengancam akan kembali turun ke jalan jika tuntutan mereka soal BPJS Kesehatan tidak dipenuhi.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Massa buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) menyatakan bakal kembali menggelar aksi unjuk rasa soal penolakan kenaikan iuran jaminan kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Demo akan kembali digelar jika Kementerian Kesehatan (Kemenkes) tidak menggubris penolakan mereka.

Wakil Presiden KSPI Isfan Abdullah mengatakan untuk saat ini para buruh akan membubarkan diri. Keputusan itu diambil setelah Kemenkes menerima tuntutan yang disampaikan perwakilan buruh.

"Langsung membubarkan diri, sudah selesai. Tinggal nanti mereka respons atau tidak. Kalau tidak respons, ada dua hal, demo lagi atau gunakan hukum," kata Isfan dilansir dari CNN Indonesia, Kamis (6/2).

Isfan mengatakan tidak ada tenggat waktu untuk pemenuhan tuntutan buruh. Namun KSPI sudah berencana menggelar aksi serupa pada bulan Maret untuk menagih janji Kemenkes.

Dalam aksi kali ini, para buruh menyatakan dua tuntutan. Pertama, mereka menolak kenaikan iuran BPJS dua kali lipat yang telah berlaku sejak 1 Januari 2020. Kemudian buruh juga menuntut hak pelayanan BPJS bagi pekerja setelah di-PHK hingga menjadi penerima bantuan iuran (PBI) BPJS Kesehatan.

Terpisah, Kepala Sub Bagian Pengaduan Masyarakat Kementerian Kesehatan RI, Prawito mengucapkan terima kasih atas aksi unjuk rasa dari KSPI. Sebab hal ini menunjukkan dukungan terhadap upaya pemerintah mewujudkan masyarakat sehat. Dari atas mobil komando, Prawito berjanji meneruskan tuntutan para buruh ke Menteri Kesehatan Terawan Agus Puranto.

"Kami sampaikan tuntutan ini kepada Pak Menteri, tepuk tangan untuk kita semua. Mudah-mudahan untuk kebaikan kita semua, rakyat Indonesia," ucap dia. (h/cnn)

 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 21 Mei 2020 - 22:09:22 WIB

    Ternyata, Pemenang Lelang Motor Jokowi Seharga Rp2,5 Miliar hanya Buruh Harian

    Ternyata, Pemenang Lelang Motor Jokowi Seharga Rp2,5 Miliar hanya Buruh Harian HARIANHALUAN.COM -- Muhammad Nuh atau M. Nuh, pria asal Jambi yang sebelumnya memenangkan lelang motor listrik bertanda tangan Presiden Jokowi seharga Rp2,5 miliar dikabarkan diamankan pihak kepolisian. Informasi yang beredar.
  • Kamis, 07 Mei 2020 - 13:45:55 WIB

    Serikat Buruh Tolak THR Dicicil

    Serikat Buruh Tolak THR Dicicil JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kelompok Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) merasa buruh akan dirugikan dengan diizinkannya perusahaan swasta menunda atau menyicil pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan paling lambat hingg.
  • Ahad, 19 April 2020 - 22:34:39 WIB

    Meski PSBB, Puluhan Ribu Buruh Tetap Turun Aksi Saat May Day

    Meski PSBB, Puluhan Ribu Buruh Tetap Turun Aksi Saat May Day JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Puluhan ribu buruh dari Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) diklaim akan turun ke lapangan menggelar aksi pada 30 April mendatang jelang peringa.
  • Kamis, 09 April 2020 - 09:26:09 WIB

    Hina Presiden di Kolom Komentar, Pria Buruh Ini Terancam 6 Tahun Penjara

    Hina Presiden di Kolom Komentar, Pria Buruh Ini Terancam 6 Tahun Penjara KEPRI, HARIANHALUAN.COM -- Polda Kepulauan Riau menangkap seorang tersangka berinisial WP karena diduga mengunggah komentar bermuatan ujaran kebencian terhadap Presiden Joko Widodo. WP (29) diketahui sehari-hari bekerja sebag.
  • Ahad, 05 April 2020 - 12:32:19 WIB

    Pendaftaran Kartu Pra Kerja Dibuka Minggu Kedua April, Buruh dan Karyawan Bisa Daftar

    Pendaftaran Kartu Pra Kerja Dibuka Minggu Kedua April, Buruh dan Karyawan Bisa Daftar JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Di tengah pandemi COVID-19 yang berpengaruh negatif terhadap perekonomian negara, Pemerintah RI berharap program Kartu Prakerja dapat membantu 2 juta orang tenaga kerja untuk meningkatkan ketera.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]