Antisipasi Banjir, Batang Lumpo Pessel Akan Dinormalisasi


Kamis, 06 Februari 2020 - 16:35:03 WIB
Antisipasi Banjir, Batang Lumpo Pessel Akan Dinormalisasi TERLIHAT kondisi sungai Batang Lumpo di Nagari Balai Sinayan, Kecamatan IV Jurai Pessel yang membutuhkan penanganan seius pemerintah untuk pembangunan normalisasai. M JONI

PAINAN, HARIANHALUAN.COM – Guna mengatasi keresahan masyarakat Nagari Balai Sinayan Lumpo, Kecamatan IV Jurai Pessel terhadap ancaman banjir, pada 2020 ini akan dibangun normalisasi alur sungai batang Lumpo. Normalisasi dengan pelurusan sungai ini akan menelan APBN sebesar Rp2,5 miliar yang berasal dari dana pokir anggota DPRD Provinsi Sumbar.

Wali Nagari Balai Sinayan Lumpo, Sabandi, Kamis (6/2) mengatakan, pembangunan normalisasi alur sungai batang lumpo tersebut saat ini dalam proses. Diharapkan dalam waktu dekat ini bisa terwujud.

Menurutnya, dibeberapa alur sungai sudah mulai kritis. Bahkan ketika tingginya curah hujan, sering terjadi banjir yang dapat membawa kerugian harta benda maupun jiwa. “Kekhawatiran masyarakat tersebut  cukup beralasan, sebagai daerah bantalan sungai yang selalu berlangganan banjir  membuat keresahan masyarakat,” ucapnya.

Musibah banjir tidak saja terjadi di Nagari Balai Sinayan  Lumpo, namun terdampak pada 11 nagari  yang ada pada 2 kecamatan yaitu, Kecamatan Bayang dan Kecamatan IV Jurai Pessel. Ketika terjadi banjir membuat ribuan rumah masyarakat rumah mereka tergenang banjir .

Camat Kecamatan IV Jurai Pessel, Salman Alfarisi Brutu mengatakan, kondisi sungai batang lumpo  saat ini sudah kritis. “Jadi upaya untuk mengatasi banjir perlu penanganan seriuas oleh pemerintah,” ucapnya.

Kepada masyarakat Nagari Balai Sinayan Lumpo Kecamatan IV Jurai Pessel, Salman berharap untuk sama-sama peduli terhadap program pembangunan yang telah direncanakan oleh pemerintah ini. (h/mjn)

Reporter : M Joni /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]