Reses Anggota DPRD, Warga Salimpek Kadukan Kondisi Jalan Rusak Parah


Kamis, 06 Februari 2020 - 17:18:45 WIB
Reses Anggota DPRD, Warga Salimpek Kadukan Kondisi Jalan Rusak Parah Anggota DPRD kab. Solok Hafni Hafiz menjemput aspirasi masyarakat dalam kunjungan resesnya di jorong Tanjung Balik Nagari Salimpek Kec. Lembah Gumanti, Rabu (05/02) malam. WANDI MALIN

AROSUKA, HARIANHALUAN.COM — Warga Jorong Tanjung Balik nagari Salimpek kec. Lembah Gumanti  Kabupaten Solok, mengeluhkan kondisi jalan utama yang menghubungkan Alahan Panjang - Talang Babungo yang melintasi nagari Salimpat yang rusak parah. Hal itu terungkap saat kunjungan reses anggota DPRD Hafni Hafiz setempat ke daerah itu, Rabu (5/2) malam.

“Sudah berkali-kali Bupati berjanji akan memperbaikinya, namun sampai sekarang kondisinya kian memperihatinkan tanpa perbaikan. Banyak lubang berisi kubangan lumpur yang mengancam keselamatan pengguna jalan,” ungkap salah seorang warga.

Menurutnya, rusaknya jalan utama sebagai insprastruktur utama penyangga perekonomian masyarakat di wilayah selatan  kabupaten Solok tersebut, ditenggarai sejak bergulirnya proyek pembangunan PLTMH Gumanti di kecamatan Hiliran Gumanti. Banyak kendaraan berat yang hilir mudik mengangkut bahan dan material. Sementara kelas jalan di daerah itu belum memungkinkan untuk dilewati kendaraan berat.

“Kami bingung, kepada siapa kami harus mengadu, sementara janji Bupati yang akan menagih  ke pihak proyek PLTMH sampai kini masih belum terealisasi,” tambahnya.

Selain kondisi jalan utama yang rusak parah, melalui forum reses tersebut, warga setempat juga menyampaikan sejumlah aspirasi terkait harapan dan keinginan untuk pembenahan nagari itu melalui sentuhan pembangunan. Tingginya harga dan kelangkaan pupuk bersubsidi juga menjadi bahasan serius yang disampaikan warga di samping harapan untuk perbaikan jaringan irigasi pertanian yang juga mengalami rusak parah.

 “Ini merupakan pertama kali ada anggota DPRD yang reses menyerap aspirasi kami ke daerah ini. Walaupun banyak anggota DPRD yang lalu lalang di daerah ini,” timpal salah seorang warga lainnya.

Menanggapi itu, Hafni Hafiz membenarkan jika persoalan itu memang sudah menjadi perhatian Bupati Solok Gusmal. Bahkan saat sertijab Wali nagari Talang Babungo beberapa waktu lalu, janji untuk perbaikan jalan itu kembali terucap. “Kita tunggu lah dulu, janji Bupati ini, karena untuk menuntaskan persoalan ini dibutuhkan alokasi anggaran yang besar. Melalui lembaga DPRD Kami juga akan menyuarakan ini,” kata ketua Fraksi Gerindra DPRD Kab. Solok ini.

Selain membentangkan tugas pokok dan fungsi anggota DPRD, Hafni Hafiz menyebutkan bahwa reses merupakan upaya menjemput aspirasi masyarakat yang dilakukan anggota dewan di daerah tersebut. “Melalui reses ini, saya sebagai wakil dari masyarakat di daerah ini menggali berbagai persoalan dan aspirasi masyarakat untuk diperjuangkan di tingkat Kabupaten,” kata Hafni Hafiz. (h/ndi)

 

 

Reporter : Wandi Malin /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]