Embung Tanah Kareh Selesai, Petani Tak Menunggu Hujan Lagi


Kamis, 06 Februari 2020 - 18:09:12 WIB
Embung Tanah Kareh Selesai, Petani Tak Menunggu Hujan Lagi Areal persawahan yang sudah teraliri oleh embung Tanah Kareh

PAINAN, HARIANHALUAN.COM -- Para petani di Kecamatan Batang Kapas, Pessel merasa lega dengan selesainya pembangunan embung di Tanah Kareh, Nagari Koto Nan Tigo, Kecamatan Batang Kapas, Pessel. Pembangunan embung yang menelan dana APBN sebesar Rp2,5 miliar tersebut untuk memenuhi kebutuhan irigasi para petani di daerah tersebut. 

Camat Batang Kapas, Wendra Ropiko, Kamis (6/2) mengatakan, embung tersebut dapat mengairi lahan persawahan masyarakat seluas 200 hektare. "Dengan selesainya embung membuat irigasi berjalan lancar, terutama bagi masyarakat di Kampung Kalumpang, Koto Baru dan Tanah Kareh," kata Camat.

Kegembiraan para petani cukup beralasan. Selama ini, lahan pertanian mereka tadah hujan, kondisi ini membuat masyarakat terpaksa menunggu curah hujan tinggi untuk mendapatkan hasil produksi yang maksimal, bahkan akibat kemarau yang sering terjadi, masyarakat terancam gagal panen.

"Dengan adanya irigasi teknis ini, masyarakat merasa bangga, terutama dengan pasokan air sawah yang cukup. Tentunya, hasil produksi padi dapat meningkat dan ekonomi masyarakat akan semakin membaik," tuturnya. 

Salah seorang petani setempat, Aliman mengatakan, sebelumnnya para petani hanya bisa turun ke sawah pada musim hujan karena tidak ada irigasi. "Alhamdulillah, dengan adanya embung Tanah Kareh ini, sawah kami bisa dialiri air," kata Aliman.

Sementara itu, Kabid Bina Teknik dan Konservasi, Niko Demos El Tias mengatakan, pembangunan embung Tanah Kareh menghabiskan anggaran sebesar Rp2,5 miliar yang  berasal dari APBN tahun 2019. Dikatakannya, untuk lebih memaksimalkan fungsi embung tersebut, tahun ini akan dilanjutkan dengan pembangunan jaringan irigasi dengan memanfaatkan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp300 juta. (*)

Reporter : M. Joni /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]