Moeldoko: Indonesia Sudah Punya Alat untuk Deteksi Virus Corona


Kamis, 06 Februari 2020 - 20:57:50 WIB
Moeldoko: Indonesia Sudah Punya Alat untuk Deteksi Virus Corona Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan Indonesia sudah memiliki alat pendeteksi virus Corona. Pendeteksi virus Corona ini disebut alat yang sama dipakai untuk mendeteksi virus corona di Wuhan, China.

"Indonesia sudah punya alat untuk mendeteksi atas virus Corona. Tadi ada dari profesor menyampaikan informasi tentang kemampuan Indonesia untuk melakukan deteksi atas terjadinya sesuatu tentang Corona ini," Kata Moeldoko di Gedung Binagraha, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020).

Kepala Lembaga Biologi dan Pendidikan Tinggi EIJKMAN Risetdikti, Prof Amin Soebandrio membenarkan alat pendeteksi virus Corona di RI. Dia menjelaskan bahwa terdapat dua jenis alat yang digunakan untuk mendeteksi virus Corona.

"Alat yang dipakai untuk mendeteksi ini ada 2 jenis, 1 PCR satu lagi kalau diperlukan untuk konfirmasi dengan menggunakan alat sequencing," jelasnya.

Amin menuturkan, beberapa laboratorium di beberapa perguruan tinggi, termasuk pihak swasta sudah memiliki alat tersebut. Namun penggunaan alat itu tidak rutin digunakan untuk melakukan pemeriksaan virus Corona.

"Di Indonesia sebenarnya yang punya alat itu sudah cukup banyak. Tidak hanya di laboratorium perguruan tinggi tapi juga beberapa lab swasta juga sudah punya. Hanya mereka tidak rutin melakukan pemeriksaan untuk virus Corona ini," tuturnya.

"Saat ini yang saya tahu pemeriksaan ada di Litbangkes kebetulan bu Vivi murid saya dulu. Kedua yang saya tahu persis di lembaga EIJKMAN karena Kami sedang memiliki alat itu, kami memiliki pusat sindrom nasional yang bisa mendeteksi berbagai macam virus," sambungnya.

Amin mengklaim sudah memiliki pengalaman dalam mendeteksi virus-virus Corona dengan jenis lain. Sementara untuk mendeteksi virus 2019-nCoV ini, Amin masih menggunakan alat yang sama dengan 2 step dibantu dengan orang yang memiliki pengalaman dalam mendeteksi virus Corona sebelumnya.

"Nah terkait virus Corona ini kami sudah punya pengalaman untuk mendeteksi virus Corona walaupun jenis yang lain. untuk virus Corona Wuhan ini kami menggunakan alat yang sama, sistem yang sama, orang yang sama yang punya pengalaman dan kita yang sebelumnya kami pakai itu dengan 2 step yaitu screening tidak menggunakan PCR untuk deteksi semua virus Corona, jadi kalau ada virus Corona di sample pasti akan ketahuan. Setelah itu kalau hasilnya positif kita akan konfirmasi dengan menggunakan sequencing," pungkasnya. (h/dtk)

 Sumber : detikNews /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 14 Mei 2020 - 20:41:01 WIB

    Moeldoko: Presiden Perkirakan Tahun Depan Booming Pariwisata

    Moeldoko: Presiden Perkirakan Tahun Depan Booming Pariwisata HarianHaluan.com - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko meminta sektor pariwisata senantiasa bersiap untuk melakukan pemulihan pascapandemi Covid-19. Presiden, kata Moeldoko, memperkirakan tahun depan akan booming pariwisata..
  • Senin, 17 Februari 2020 - 21:55:03 WIB

    Dosen Unnes Diskors karena 'Hina Jokowi', Moeldoko: Otoritas Kampus

    Dosen Unnes Diskors karena 'Hina Jokowi', Moeldoko: Otoritas Kampus JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -  Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko enggan berbicara banyak soal skorsing yang dijatuhkan Universitas Negeri Semarang (Unnes), Jawa Tengah, terhadap dosen Sucipto Hadi Purnomo. Moeldoko menyatakan .
  • Sabtu, 25 Januari 2020 - 10:40:19 WIB

    Wah..! Hary Pernah di KSP, Moeldoko: Tak Ada Hubungan KSP dengan Jiwasraya

    Wah..! Hary Pernah di KSP, Moeldoko: Tak Ada Hubungan KSP dengan Jiwasraya  JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Kasus dugaan korupsi Jiwasraya Rp13 Triliun terus bergulir, bahkan eks Direktur Keuangan Jiwasraya Hary Prasetyo, telah ditetapkan  oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) sebagai salah satu tersangka. Ru.
  • Rabu, 30 Oktober 2019 - 20:13:04 WIB

    Moeldoko: Kalau Rizieq Mau Pulang, Pulang Saja

    Moeldoko: Kalau Rizieq Mau Pulang, Pulang Saja JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengatakan tak ada persoalan terkait kepulangan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Hal ini disampaikan Moeldoko merespons pernyataan Wakil S.
  • Senin, 28 Oktober 2019 - 14:58:31 WIB

    Menteri dan Wamen Sudah, Moeldoko: Wantimpres Diumumkan dalam Waktu Dekat

    Menteri dan Wamen Sudah, Moeldoko: Wantimpres Diumumkan dalam Waktu Dekat JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kepala Staf Kepresidenan (Kasetpres), Moeldoko mengatakan, Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) akan segera diumumkan. Nantinya Wantimpres akan lebih banyak diisi oleh orang-orang profesional..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]