Kunker ke Sumbar, Komisi X DPR RI Puji Fasilitas di Politeknik Negeri Padang


Kamis, 06 Februari 2020 - 21:16:58 WIB
Kunker ke Sumbar, Komisi X DPR RI Puji Fasilitas di Politeknik Negeri Padang Direktur PNP, Surfa Yondri bersama Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf, (tengah), serta anggota DPR RI lainnya dalam kunjungan ke Politeknik Negeri Padang, Kamis (6/2/2020). Foto/Milna

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Dede Yusuf memuji bahwa Sumatera Barat (Sumbar) memiliki perguruan tinggi yang bagus menampung para pelajar. Seperti di Politeknik Negeri Padang (PNP) yang berada di lingkungan kampus Universitas Andalas, memiliki kampus yang memadai.

"Silakan pilih kampus mana yang mau, tapi ingat, jangan sia-siakan kesempatan, Politeknik Negeri Padang memiliki kampus yang memadai," tegas Dede Yusuf didampingi Direktur PNP, Surfa Yondri usai kunjungan kerja Tim Panitia Kerja Pendidik dan Tenaga Kependidikan (Panja PTK) Komisi X DPR-RI di PNP , Kamis (6/2/2020).

Kendati demikian, Dede Yusuf mengatakan ke depan yang menjadi point pentingnya adalah peningkatan sarpras (sarana dan prasarana) dan tenaga pengajar.

Menurutnya, sebaiknya dosen perguruan tinggi vokasi berasal dari praktisi industri. Namun karena dosen disyaratkan S2, sehingga ada regulasi yang mengatur hal demikian.

"Artinya boleh menerima dosen S1, tapi yang level S1 didorong untuk menjadi S2 agar meningkatkan mutu kampus ini sendiri," ujar Dede Yusuf.

Di sisi lain, Dede Yusuf menilai ide Pemerintah Provinsi Sumbar untuk menerjunkan pelajar SMK ke desa-desa adalah hal yang bagus. Karena secara tidak langsung, hal tersebut dapat membentuk karakter para pelajar. Dia mendorong kepada SMK di Sumbar dapat bersedia bekerja sama dengan setiap desa.

"Sekarang ada dana desa Rp1 miliar untuk setiap desa. Jika ada anggaran yang bisa untuk pengabdian pelajar SMK itu, alangkah lebih baik. Karena manfaatnya untuk pembangunan desa, juga untuk kemajuan kemampuan dari generasi muda," tukas Dede Yusuf.



Sementara itu, Direktur PNP, Surfa Yondri menyambut segala bentuk kerjasama dengan Nagari, karena Politeknik Negeri Padang merupakan perguruan tinggi bidang Vokasi yang punya banyak produk/teknologi tepat guna yang dapat digunakan di Nagari, serta didukung oleh staff pengajar yang kompeten dari berbagai bidang.

"Kami siap untuk mensukseskan program Wali Nagari. Mudah-mudahan upaya-upaya kita untuk saling bermanfaat bagi sesama," kata Surfa Yondri.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mendorong para pelajar SMK turut mengabdi ke desa-desa. Cara itu dinilai dapat menambah wawasan dan kesiapan mental dalam praktik lapangan bagi pelajar yang mengikutinya.  Menurutnya, dengan keilmuan yang dimiliki pelajar SMK, diperkirakan dapat memberikan manfaat kepada masyarakat di desa.

"Setidaknya, kebaradaan dana desa, dapat menunjang peran yang pelajar SMK selama mengabdi di desa. Ini ide yang terpikir oleh saya, apalagi pas bertemu dengan DPR RI Komisi X hari ini, sekaligus saya sampaikan. Ternyata direspons positif oleh anggota DPR RI," tukasnya. (*)

 Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]