Gempa M 6,1 Guncang Sulut, Ini Analisis BMKG


Kamis, 06 Februari 2020 - 22:33:52 WIB
Gempa M 6,1 Guncang Sulut, Ini Analisis BMKG Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Gempa magnitudo 6,1 terjadi di Melonguane, Sulawesi Utara (Sulut). Pusat gempa berada di 160 km Barat laut, Melonguane.

BMKG melalui situs resminya menginformasikan, gempa terjadi pukul 20.40 WIB, Kamis (6/2/2020). Kedalaman gempa 10 km.

"Tidak berpotensi tsunami," tulis BMKG.

Titik koordinat gempa tercatat di 5,44 Lintang Utara dan 125,57 Bujur Timur. Belum ada informasi terkait kerusakan maupun korban akibat gempa.

"Hati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin terjadi," tulis BMKG.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat, gempa bumi di Sulut terjadi pukul 20.40 WIB, Kamis (6/2/2020). Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 5.54 LU dan 126.58 BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 168 km arah Utara Kota Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara dengan kedalaman 36 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault)," ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan tertulis, Rahmat Triyono.

Guncangan gempa bumi ini menurut BMKG dirasakan di Pulau Miangas, Kepulauan Talaud, Melonguane dan Tahuna. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

Hasil pemodelan menunjukkan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Dari monitoring BMKG, gempa bumi susulan terjadi pukul 20.58 WIB dengan magnitudo (M) 4,9

Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (h/dtk)

 Sumber : detikNews /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]