2021, Kelurahan Ujung Gurun Akan Fokus Rehab Drainase


Kamis, 06 Februari 2020 - 22:42:38 WIB
2021, Kelurahan Ujung Gurun Akan Fokus Rehab Drainase Rakorbang Kelurahan Ujung Gurun

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kelurahan Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat menggelar Rapat Koordinasi Pembangunan (Rakorbang) dalam rangka penyusunan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2021, Kamis (6/2).

Lurah Ujung Gurun, Azwar mengatakan, Rakorbang tersebut merupakan tindak lanjut dari rembug warga di masing-masing RW di Rimbo Kaluang.

"Ada 6 RW dan 27 RT di Kelurahan Ujng Gurun. Sesuai dengan jadwal pelaksanaan rembug warga. Alhamdulillah, Kelurahan Ujung Gurun telah melaksanakan kegiatan rembuk warganya. Dari usulan-usulan warga, kemudian ditindaklanjuti ke kelurahan untuk direkap, jadi nampaklah disana mana prioritas dari kegiatan pembangunan tahun 2021 itu adalah mengenai drainase," jelas Azwar.

Lebih lanjut dijelaskan Azwar, curah hujan yang tinggi dan menjadi pemicu banjir menyebabkan Kelurahan Ujung Gurun memutuskan untuk memprioritaskan rehabilitasi drainase.

"Sebagaimana diketahui untuk di RW 1 kegiatan curah hujan yang lebat terjadi banjir, kemudian di daerah purus kebun di daerah RW 4 di gang 1- gang 3, dan RW 5 gang 5 - gang 9. Permasalahan drainase yang paling urgent di kelurahan Ujung Gurun. Makanya di bidang pembangunan kita fokus untuk rehab drainase di tahun 2021," ungkapnya.

Di bidang lain, Azwar menambahkan kelurahan Ujung Gurun akan memprioritaskan bidang pemberdayaan masyarakat.

"Kalau non fisik lebih ke pemberdayaan masyarakat, seperti tahun kemarin ada 5 kegiatan pemberdayaan masyarakat, sedangkan tahun ini sekitar 6 atau 7 kegiatan pemberdayaan masyarakat," jelasnya.

Salah satu kegiatan pemberdayaan masyarakat, kata Azwar diantaranya melanjutkan dari pembuatan tas dari bahan akrilik oleh ibu-ibu di Kelurahan Ujung Gurun.

"Melanjutkan kegiatan pembuatan tas akrilik, ibu-ibu kan telah memahaminya dan sudah melaksanakan kegiatannya, tinggal lagi melanjutkan dengan pembuatan puring nya. Kemudian satu lagi kegiatannya pembuatan rajut," paparnya.

Azwar menambahkan untuk Kelurahan Ujung Gurun di 2019, mendapat 24 buah bantuan alat hidropodik dari kegiatan kelompok wanita tani Kelurahan Ujung Gurun. 

"Dari Dinas Pangan sudah melihat langsung bagaimana kegiatan tersebut sudah terlaksana di kelurahan ujung gurun. Kita tidak mau hanya berhenti sampai disini, kita harapkan kedepannya kegiatan dapat terlaksana dengan maksimal," sebut Azwar.

Di tempat yang sama, Camat Padang Barat, Eri Sendjaya mengatakan, pelaksanaan Rakorbang 2021 bertujuan untuk menentukan skala prioritas kegiatan di Kelurahan Ujung Gurun.

"Pola pengembangan Rakorbang ini di 10 kelurahan sama. Artinya, Rakorbang ini menentukan skala prioritas 2021 lengkap dengan asal anggarannya. Apakah APBD, DAOT, dana rutin kecamatan maupun dari Pokir anggota dewan," ungkapnya.

Menurut Eri, hari ini warga di Kelurahan Ujung Gurun harus menetapkan skala prioritas mana urutan dari kegiatan tersebut yang akan dilaksanakan pada 2021.

Selain di bidang pembangunan, Eri mengatakan pemberdayaan masyarakat juga menjadi perhatian penting di Kelurahan Ujung Gurun.

"Karena kontur Kelurahan Ujung Gurun yang sangat padat, lebih diarahkan kepada pemberdayaan masyarakat dan sedikit modifikasi fasilitas lingkungan," tutupnya. (*)

Reporter : Yessi Swita /  Editor : Agoes Embun

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]