Datang ke BLK Padang, Pusdatin Kemnaker RI Fokus Pengurangan Angka Pengangguran


Kamis, 06 Februari 2020 - 23:10:22 WIB
Datang ke BLK Padang, Pusdatin Kemnaker RI Fokus Pengurangan Angka Pengangguran Kunjungan Pusdatin Kemnaker RI ke BLK Padang

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Balai Latihan Kerja (BLK) Padang dikunjungi Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementrian Tenaga Kerja (Kemnaker) RI guna meninjau perkembangan pengurangan angka pengangguran melalui program BLK dan untuk membantu pendistribusian informasi kegiatan BLK tersebut kepada masyarakat, Kamis (6/2).

"Kedatangan kami guna mencari data yang cukup penting di BLK Padang guna memastikan bahwa pelatihan yang telah dilaksanakan oleh BLK Padang dapat mengurangi angka pengangguran yang ada di Sumbar dan turut serta dalam mendistribusikan informasi dan promosi kegiatan BLK Padang," ujar Kabid Diseminasi Pusdatin Kemnaker RI, Syaifudin saat ditemui usai membahas tentang program dan perkembangan BLK di 2019.

Dijelaskannya, data dan informasi yang didapatkan dari kunjungan ke BLK tersebut akan menjadi referensi dalam mempromosikan program BLK Padang sebagai upaya Kemnaker RI untuk mengurangi angka pengangguran di Sumbar.

Kemudian, menyambut baik kegiatan BLK Padang, yakni survei yang dirancang khusus untuk mengumpulkan data ketenagakerjaan yang dapat menggambarkan keadaan umum ketenagakerjaan serta pergeseran struktur ketenagakerjaan antar periode pencacahan.

Di sisi lain, Kasubid Penyajian Data dan Informasi Pusdatin Kemnaker RI, Elvi Yuliva menyampaikan bahwa Pusdatin akan melakukan koordinasi di empat wilayah Indonesia yaitu Jawa, Sumatra, Sulawesi dan Kalimantan sebagai pilot project dalam membangun satu data ketenagakerjaan. 

Dikatakannya, Provinsi Sumatra Barat sebagai pilot project yang mewakili wilayah Sumatra yang pertama kali dikunjungi untuk mendapatkan data dan informasi tersebut. 

"Dari pertemuan yang telah dilakukan, kami telah mendapatkan data berupa jumlah angkatan kerja, peserta didik yang telah dilatih, kendala dan bagaimana hasil akhir dari peserta yang telah mengikuti pelatihan," sebutnya.

Hal itu katanya, guna untuk mengetahui sejauh mana program Kemnaker melalui BLK Padang berhasil mengurangi angka pengangguran. 

"Seluruh data dan informasi yang didapat selanjutnya akan dikoreksi dan diolah menjadi informasi ketenagakerjaan sebagai promosi program-program unggulan Kemnaker RI," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pemberdayaan BLK Padang, Syarif Hidayat menyampaikan ucapan terima kasih pada tim Pusdatin Kemnaker RI karena telah melakukan kunjungan pertama kalinya ke BLK Padang. 

Ia menyampaikan, apa yang dilakukan oleh Pusdatin Kemnaker RI merupakan hal yang cukup penting karena dapat menjadi acuan dalam menargetkan program dan kegiatan yang selanjutnya.

"Kalau berbicara data itu harus valid, harus dilakukan survei lapangan. Dari hal itu nantinya akan diketahui berbagai hal seperti berapa barometer keberhasilan yang telah tercapai dari program yang ditargetkan," katanya. 

Ia mengharapkan tim Pusdatin Kemnaker RI dapat mengunjungi BLK Padang secara rutin sebulan sekali. Hal itu guna memacu semangat BLK Padang dalam membuat database maupun sistem digital yang akan berguna kedepannya. (*)

 Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]