Rencana Disetujui, Teluk Tapang Bakal Jadi Pelabuhan Induk di Sumbar


Kamis, 06 Februari 2020 - 23:43:03 WIB
Rencana Disetujui, Teluk Tapang Bakal Jadi Pelabuhan Induk di Sumbar Pelabuhan Tepung Kapak.

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- General Manager PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II Cabang Teluk Bayur, Wardoyo mengaku bahwa rencana integrasi Teluk Bayur telah disampaikan ke Pemprov Sumbar bersama Gubernur dan Wakil Gubernur, beberapa waktu lalu dalam kesempatan rapat.

"Pemprov Sumbar mennyambut baik rencana tersebut, sehingga disepakati bahwa Pelabuhan Teluk Tapang bakal menjadi pelabuhan induk di Sumbar," kata Wardoyo, Kamis (6/2/2020).

Wardoyo menyebut, rencananya akan dilakukan integrasi Teluk Bayur dengan lima pelabuhan lainnya di Sumbar. Yakni, di Pelabuhan Panasahan di Kabupaten Pesisir Selatan Muaro Padang, Pelabuhan Tua Pejat Kabupaten Kepulauan Mentawai, Pelabuhan Tiram Kabupaten Padang Pariaman, dan termasuk di Pelabuhan Teluk Tapang di Kabupaten Pasaman Barat.

Menurut Wardoyo, dengan adanya integrasi antara pelabuhan itu, akan dapat menekan biaya logistik. Sebab, dengan terintegrasinya pengelolaan beberapa pelabuhan tersebut, akan dapat menekan beban logistik antardaerah.

Dia mencontohkan, bahwa ekspor yang terbesar di Sumbar yakni CPO, dengan beroperasinya Pelabuhan Teluk Tapang dan nantinya terhubung, maka truk yang selama ini membawa CPO jalur darat, tidak bakal ada lagi. Tetapi bisa melalui Pelabuhan Teluk Tapang ke Teluk Bayur.

"Jalurnya aman, biaya bisa dikurangi, dan jalan nasional pun lebih awet. Artinya lebih efisien, setelah nanti seluruh pelabuhan di Sumbar terhubung," ucap Wardoyo.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit, mengatakan, Pelabuhan Teluk Tapang telah dibangun dan bakal menjadi palabuhan induk di Sumbar. Namun sampai sekarang pelabuhan itu belum dioperasikan, karena terkadang kendala jalan.

Nasrul Abit menyebutkan di Pelabuhan Teluk Tapang itu, yang selesai dulu ialah pelabuhannya, sementara jalan yang layak belum ada. Untuk itu pemerintah terus berupaya membuka jalan menuju Teluk Tapang.

"Panjang jalannya itu 42 kilometer, dan yang baru diaspal itu 7 kilometer. Artinya ada 35 kilometer lagi yang perlu kita buka jalannya," kata Nasrul Abit.

Nasrul Abit menjelaskan, sebelum dilakukan pembukaan jalan baru dengan panjang 35 kilometer itu, Pemprov Sumatera Barat perlu memperbarui surat pinjam pakai. Hal ini dikarenakan, jika jalan ditambah, maka tidak sesuai lagi izin pinjam pakai dari surat sebelumnya.

"Kita mau perluas kawasan, hal yang pertama harus memperbarui dulu surat-suratnya. Setelah surat itu ada, barulah bergerak melakukan pengerjaan pembukaan jalan baru," ujarnya.

Lebih lanjut, kata Nasrul Abit, jika nanti dimulai dilakukan pembukaan jalan baru sepanjang 35 kilometer itu, rencana Pemprov Sumatera Barat tidak langsung melakukan pengaspalan. Tapi yang dilakukan baru sebatas pengerasan yang ditimbun dengan batu kerikil.

Nasrul berpendapat, hal yang paling utama kini ialah jalan harus ada. Untuk kondisi jalan yang sudah dibuka dan telah diberi kerikil, dinilai cukup layak untuk dilalui kendaraan maupun truk.

"Setelah surat diperbarui, tahun ini kita targetkan 35 kilometer jalan itu pengerjaan pembukaan jalan tuntas. Sehingga di tahun 2022 barulah bisa dilakukan pengaspalan, dan beriringan dengan pengoptimalan pengoperasian Pelabuhan Teluk Tapang," tegasnya. (*)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 14 April 2020 - 19:08:55 WIB

    Perangi Corona, Sumbar Berencana Terapkan PSBB

    Perangi Corona, Sumbar Berencana Terapkan PSBB PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Dalam rangka menekan angka pada corona virus disease (Covid-19), Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) mengambil langkah, agar tidak banyak yang menjadi korban. Pemerintah Provinsi Sumbar me.
  • Jumat, 27 Maret 2020 - 09:32:38 WIB

    Satu Warganya Sudah Positif Corona, Pemkab Tanah Datar Baru Menyusun Rencana Karantina

    Satu Warganya Sudah Positif Corona, Pemkab Tanah Datar Baru Menyusun Rencana Karantina TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM -Setelah dinyatakan satu warga Tanah Datar positif Covid 19, pemda menyampaikan pernyataan yang disampaikan Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma didampingi Unsur Forkompinda, Kamis (26/3) mala.
  • Jumat, 06 Desember 2019 - 19:07:36 WIB

    Jokowi Direncanakan Hadir di Puncak Hari Nusantara di Pariaman

    Jokowi Direncanakan Hadir di Puncak Hari Nusantara di Pariaman PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Presiden RI direncanakan akan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Pasar Pariaman pada acara puncak Hari Nusantara, 14 Desember 2019 di Kota Pariaman..
  • Selasa, 30 Juli 2019 - 22:29:28 WIB

    Rencana Aksi PRB BPBD Agam Dimonitor Tim StIRRRD UGM

    Rencana Aksi PRB BPBD Agam Dimonitor Tim StIRRRD UGM AGAM,HARIANHALUAN.COM-–TIM Strengthened Indonesia Resilience Reducing Risk From Disasters (StIRRRD) Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta, melakukan monitoring rencana aksi (action plan) PRB BPBD Kabupaten Agam, di Aula K.
  • Jumat, 31 Mei 2019 - 22:10:08 WIB

    Kapolres Solok Sebut Rencana Relokasi Mapolres

    Kapolres Solok Sebut Rencana Relokasi Mapolres AROSOKA, HARIANHALUAN.COM - Kapolres Solok, AKBP Ferry Irawan S.Ik menyebutkan, pihaknya akan mengupayakan relokasi komplek Mapolres setempat ke lokasi baru pada tahun depan. Hal ini dilakukan menyikapi kondisi tanah yang men.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]