Wow, Alokasi Anggaran Kemiskinan Tembus Rp1,3 Triliun, Untuk Apa?


Jumat, 07 Februari 2020 - 09:45:50 WIB
Wow, Alokasi Anggaran Kemiskinan Tembus Rp1,3 Triliun, Untuk Apa? Menteri Sosial, Juliari P Batubara saat rapat Kerja Komisi VIII DPR RI. Foto/Kemensos

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI dengan Menteri Sosial, Juliari P Batubara menyepakati hasil optimalisasi dan realokasi Anggaran Kementerian Sosial tahun 2020 senilai Rp1,339 triliun.

Menteri Sosial, Juliari P Batubara menyampaikan jika realokasi anggaran tersebut bersumber dari efisiensi belanja barang non operasional sebesar Rp200 miliar, efisiensi bantuan sosial BPNT/program sembako sebesar Rp720 miliar, dan efisiensi program keluarga harapan dengan skema baru sebesar Rp419,7 miliar.

Dana tersebut akan dioptimalkan untuk Program Pemberdayan Sosial untuk Percepatan Pengurangan Kemiskinan senilai Rp401,9 miliar, Penguatan Layanan Rehabilitasi Sosial melalui Revitalisasi Berstandar Internasional sebesar Rp321,4 miliar, Penguatan Kesiapsiagaan dan Respon Cepat dalam Penanganan Bencana sebesar Rp229,3 miliar, Penguatan Kualitas DTKS Rp178,9 miliar, serta Penguatan Dukungan Manajemen untuk Reformasi Birokrasi sebesar Rp208 miliar.

Untuk penguatan program pemberdayaan untuk percepatan pengurangan kemiskinan akan difokuskan melalui penanggulangan kemiskinan bagi KPM.

KPM yang graduasi baik dari program sembako atau program keluarga harapan dapat mendapatkan pinjaman lunak melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) atau program Permodalan Nasional Madani (PNM) Mekaar.

"Sesuai arahan Presiden agar fakir miskin harus diberdayakan sehingga mereka dapat mandiri dan sejahtera. Jadi Skemanya KPM yang graduasi jika mereka capable bisa mendapatkan KUR atau mekar," jelas Menteri Sosial, dikutip dari laman resmi Kemensos, Jumat (7/2/2020).

Sebagai informasi, per Januari 2020 program PKH telah dilakukan pencairan tahap pertama senilai Rp7 triliun sedangkan untuk program BPNT/Program sembako telah dilakukan pencairan senilai Rp2 triliun. Jadi sepanjang Januari 2020, Kementerian Sosial telah menurunkan program bansos senilai Rp9 triliun. (*)

 Sumber : Kemensos RI /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 21 Januari 2020 - 13:19:57 WIB

    Wow, Ada Desa Surga di Sumsel, Ini Pesan Mendes

    Wow, Ada Desa Surga di Sumsel, Ini Pesan Mendes SUMATERA SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar menemukan salah satu desa yang layak disebut desa surga di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera .
  • Selasa, 14 Januari 2020 - 12:09:47 WIB

    Wow, Arab Terarik Berbisnis di Indonesia Senilai Rp314 Triliun, Berikut Rinciannya

    JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Persatuan Emirat Arab (PEA) menaruh kepercayaan tinggi terhadap pengembangan bisnis sektor energi di Indonesia. Sebanyak 11 perjanjian bisnis yang berhasil diteken antara Indonesia dengan PEA, seb.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]