15 Detik Ngobrol Tanpa Masker, Pria 56 Tahun Tertular Virus Corona


Jumat, 07 Februari 2020 - 10:34:04 WIB
15 Detik Ngobrol Tanpa Masker, Pria 56 Tahun Tertular Virus Corona Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Banyak yang menanyakan soal penyebaran virus corona baru, seberapa cepat ia bisa menular antarmanusia. Dalam sebagian besar kasus novel coronavirus ini, penularan terjadi antarmanusia.

Baru-baru ini, laporan dari China Press menyebutkan penularan antarmanusia bisa terjadi hanya dalam 15 detik. Berawal dari seorang pria yang baru saja terinfeksi novel coronavirus yang mewabah di Wuhan.

Sebelumnya ia dikabarkan tidak memiliki perjalanan dari Provinsi Hubei, China. Bahkan ia pun tak berada di dekat satwa liar seperti kelelawar, namun ia positif terkena novel coronavirus. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Mengutip World Of Buzz, menurut studi pengendalian penyakit, pasien berusia 56 tahun itu berada di Jiangbei di Chongquing China, untuk sekedar berbelanja di beberapa pasar yang berbeda. Namun tampaknya ia berdiri di dekat seorang wanita yang menunjukkan gejala positif novel coronavirus. Selama kurang dari 15 detik pria itu mengobrol bersama wanita yang berusia 61 tahun.

Pria dan wanita ini sama-sama tidak menggunakan masker. Hal itulah yang dicurigai mengapa virus corona baru bisa menyebar begitu cepat antarmanusia.

Setelah mengetahui hal tersebut, 19 orang yang juga berada di tempat yang sama bersama pria yang terinfeksi, langsung dikarantina dan dimonitor secara ketat.(*)

 Sumber : detik.com /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]