Indonesia Bangun RS Khusus Virus Menular di Pulau Kosong, Ini Kriterianya


Jumat, 07 Februari 2020 - 13:06:38 WIB
Indonesia Bangun RS Khusus Virus Menular di Pulau Kosong, Ini Kriterianya Menko Polhukam Mahfud Md (Foto: Kadek Melda Luxiana/detikcom)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menko Polhukam Mahfud Md menyebutkan kriteria khusus untuk rumah sakit khusus menangani virus-virus menular. Salah satunya akses yang dekat dengan landasan pangkalan militer dan dekat dengan bandara.

"Tadi ada kriteria harus dekat landas pangkalan militer agar mudah evakuasi. Dekat pangkalan udara bandara. Itu aja tadi kriterianya," kata Mahfud usai rapat pembahasan itu di kantornya, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (7/2/2020).

Untuk lokasinya sendiri, Mahfud menerangkan tidak harus berada di suatu pulau tertentu yang belum ada penghuninya. Dia menyebut bisa juga dibuat di pulau yang sudah berpenghuni yang didesain sesuai dengan standar yang berlaku.

"Tapi banyak yang berpendapat sebenarnya persiapan tidak usah ada di pulau tersendiri, bisa di pulau tersendiri bisa di pulau yang sudah ada penduduknya. Tapi itu didesain sedemikian rupa karena di berbagai dunia pun sama," terangnya.

Sebelumnya, dalam rapat koordinasi tingkat menteri yang dilaksanakan Kamis (6/2), Menko Polhukam Mahfud Md menyebut pemerintah akan mencari pulau kosong untuk membangun rumah sakit khusus penanganan pasien menderita penyakit virus menular. Rencana jangka panjang itu, kata Mahfud, akan segera dirapatkan dengan kementerian terkait.

"Nanti akan segera dirapatkan (pembuatan RS). Kita akan cari satu tempat kosong, pulau. Kita punya masih banyak, ribuan pulau yang masih kosong. Rencana akan dipilih satu khusus untuk RS, bukan hanya Corona," kata Mahfud seusai rapat koordinasi tingkat menteri membahas penanganan dampak virus Corona di Gedung Binagraha, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Kamis (6/2). (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]