Protes Rakyat Natuna Jadi Pertimbangannya, Terawan: Pemerintah Cari Pulau Khusus Penderita Corona


Jumat, 07 Februari 2020 - 14:40:56 WIB
Protes Rakyat Natuna Jadi Pertimbangannya, Terawan: Pemerintah Cari Pulau Khusus Penderita Corona Aksi protes rakyat Natuna di depan gerbang pangkalan TNI Angkatan Udara Raden Sadjad, Ranai, Sabtu (1/2/2020). ( ANTARA FOTO/Cherman)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Pemerintah  mulai berpaya mencari sebuah pulau yang jauh dari daratan untuk perawatan pengindap virus corna  dan penyakit pemenular berbahaya lainnya.

Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengakui,   jika protes warga Natuna terhadap 238 WNI dari China beberapa waktu lalu, menjadi salah salah satu pertimbangan untuk menentukan pulau dengan  rumah sakit khusus penyakit menular tersebut. 

"Ya itu kan menjadi salah satu hal. Makannya saya tadi (sampaikan) dari segala (aspek). Geopolitik, pertahanan keamanan, kita bahas menjadi masukan buat Pak Menko Polhukam untuk bagaimana nanti (memutuskannya)," ujar nantan kepala RSPAD Jakarta itu, usai menghadiri Rakortas, Jumat (7/1/2020).


Terawan menuturkan, dalam rapat koordinasi terbatas (rakortas) yang digelar Kementeriaan Politik, Hukum dan Keamanan (Kemenko Polhukam) belum memutuskan apapun. Hanya saja,  penting  mempelajari sejumlah aspek untuk menjadi bahan pertimbangan sebelum memutuskan pulau khusus yang akan dijadikan lokasi penanganan penyakit menular.

"Mempelajari segala aspek, geologi, politik, kemudian masalah juga ekonomi, masalah pemeliharaan, masalah pertahanan keamanan, semua ditinjau. Jadi ini masalah brainstoarming saja hari ini," kata Terawan. 

Sebelumnya,  masyarakat Natuna  telah melancarkan aksi unjuk rasa dan protes keras terkait observasi 238 WNI usai dievakuasi dari Provinsi Hubei, China.

Rakyat tentu kuatir akan  penyebaran virus korona yang mematikan itu.(*)

 Sumber : Inewsid /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]