Semakin Diminati, SDIT Sekolah Alam Talago Yayasan Rhaudatul Jabal Bangun Kampus Baru


Jumat, 07 Februari 2020 - 16:09:57 WIB
Semakin Diminati, SDIT Sekolah Alam Talago Yayasan Rhaudatul Jabal Bangun Kampus Baru Peresmian gedung SDIT Sekolah Alam Talago Yayasan Rhaudatul Jabal Sawahlunto oleh Walikota, Deri Asta, Jumat 7 Februari 2020. Foto/Riki Yuherman

SAWAHLUNTO, HARIANHALUAN.COM -- Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT), Alam Talago Yayasan Rhaudatul Jabal Sawahlunto kini memiliki kampus baru. Gedung dua lantai bernilai Rp2,5 miliar itu diresmikan pemakaiannya oleh Walikota Sawahlunto, Deri Asta, Jumat (7/2/2020).

Pembina Yayasan Rhaudatul Jabal Sawahlunto, Effendi Mardianto Dt Sampono mengungkapkan, semakin diminatinya Sekolah Alam Talago TK dan SD IT Yayasan Rhaudatul Jabal Sawahlunto, pihaknya terus berupaya meningkatkan fasilitas dan sarana sekolahnya.

"Awal pendirian sekolah ini adalah keinginan untuk hidup lebih bermanfaat kepada kampung halaman. Kemudian kami menantang kemenakan yang ada di kampung untuk membangun sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat banyak. Dan akhirnya berdirilah sekolah ini yang berawal dari hanya membuka Taman Kanak-Kanak Alam Talago," ujarnya kepada HarianHaluan.com.

Dan seiring jumlah siswa semakin banyak sebutnya, ia bersama pengurus sekolah dan ninik mamak duduk bersama untuk mendirikan gedung sekolah baru.

"Awalnya tak menyangka bisa mendirikan gedung sekolah senilai Rp2,5 milyar ini karena awalnya dana yang tersedia hanya Rp400 juta. Terkait harapan Walikota, yayasan juga bisa membuat SMP dan SMA. Insha Allah akan diupayakan. Masih banyak lagi mimpi yang ingin diwujudkan untuk kampung halaman seperti, pendirian Rumah Tahfidz dan pesantren," tuturnya.

Walikota Sawahlunto, Deri Asta dalam sambutannya sangat mengapresiasi perkembangan sekolah alam Talago Yayasan Rhaudatu Jabal itu. Meski baru menerima murid SD sejak 2017 lalu, namun peminatnya sudah banyak dan telah memiliki gedung yang megah.

"4 Tahun berdiri dengan menumpang di rumah seorang dermawan, kini aktifitas Sekolah Dasar Alam Talago Sawahlunto resmi menempati gedung baru yang dibangun dengan dana Rp2,5 miliar, tentu investasi pendidikan yang sangat besar dan sangat sesuai dengan program pemerintah daerah. Kami juga berharap, Yayasan Rhaudatul Jabal juga kedepannya dapat juga mendirikan SMP atau SMA, sehingga keterpaduan pendidikannya akan dapat berkelanjutan," ujar Wako.

Sementara itu Kepala SD Alam Talago Delvia Sepniwati menjelaskan, bahwa sekolah ini menerapkan kurikulum Dinas Pendidikan ditambah dengan kurikulum unggulan Alam Talago seperti belajar ke alam, Bahasa Ingris dan Bahasa Arab.

"Pada tahun pelajaran 17/18 murid kita sebanyak 14 orang, pada 18/19 meningkat menjadi 27 siswa, di 19/20 meningkat lagi menjadi 63 orang untuk SD. Sedangkan untuk TK, pada tahun pelajaran 16/17 sebanyak 17 orang, ditahun pelajaran 17/18 sebanyak 30 orang, di tahun pelajaran 18/19 bertambah menjadi 47 orang dan ditahun pelajaran 19/20 kembali bertambah menjadi 58 orang. Untuk tahun ini kita membatasi jumlah siswa dengan hanya menerima 2 lokal, dimana masing-masing kelas berjumlah 15 orang," tuturnya.

Adapun keunggulan sekolah Alam Talago TK-SD IT, tidak hanya mengajari anak didik ilmu agama dna tekhnologi, juga memahami alam dan isinya. Yang paling menarik, anak didik juga langsung praktek kelapangan dan mengenali alam.

"Contohnya pengenalan nasi, guru beserta anak didik langsung turun kesawah, mengenalkan proses awal hingga menjadi nasi,muali dari menanam benih padi disawah, hingga panen menjadi beras dan ditanak menjadi nasi," ujarnya. (h/rki)

Reporter : Riki Yuherman /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 09 April 2019 - 11:43:41 WIB

    Iklim Literasi Diharapkan Semakin Tumbuh

    Iklim Literasi Diharapkan Semakin Tumbuh PADANGPANJANG, HARIANHALUAN.COM – Pegiat-pegiat literasi Kota Padangpanjang mengapresiasi komitmen Wali Kota Padang Panjang, H. Fadly Amran, B.B.A., Datuak Paduko Malano yang mengharapkan gerakan literasi di ‘Kota Seramb.
  • Rabu, 16 Desember 2015 - 03:33:45 WIB
    Bantuan 1.000 Karung Pasir Lenyap

    Masyarakat Sutera Semakin Resah dengan Ancaman Abrasi

    PAINAN,HALUAN — Masyarakat Kecamatan Sutera, Kabupaten Pesisir Selatan merasa resah akan ancaman musibah abrasi pantai yang terus mendesak daerah pemukiman mereka. Setidaknya sekitar 300 unit rumah terancam abrasi pantai. B.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]