Imbas Virus Corona, Pedagang Bawang Putih di Padang Mulai Merana


Jumat, 07 Februari 2020 - 21:02:54 WIB
Imbas Virus Corona, Pedagang Bawang Putih di Padang Mulai Merana Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Merebaknya virus Corona yang terjadi di Wuhan, China atau yang dijuluki Negeri Tiarai Bambu, mempengaruhi harga barang putih impor ke Indonesia. Pasalnya selama ini China mengimpor bawang putih ke Indonesia, akibatnya berdampak pada pedagang dan masyarakat.

Salah seorang pedagang enceran bahan pokok di Pasar Raya Padang, Vera mengatakan, kenaikan harga bawang putih ini sudah terjadi selama satu Minggu. Biasanya harga bawang putih Rp26 ribu per kilogram (kg), tapi sekarang sudah Rp50 ribu/kg.

"Susah menjualnya karena harga mahal, banyak konsumen bertanya-tanya, kenapa harga bawang putih naik. Namun setelah saya jelaskan, karena ada virus Corona, akhirnya mereka memahaminya," kata Vera, Jumat (7/2/2020).

Sedikit berbeda dengan Anton, pedagang grosir. Menurut Anton, kenaikan harga bawang putih masih wajar, karena stok bawang putih di Sumbar sudah mulai berkurang.

"Bawang putih yang ada ini, saya beli dari Medan sebanyak 32 ton setiap bulan, saya menjualnya 8 ton setiap minggu dengan harga Rp48 ribu perkg. Sementara untuk kebutuhan bulan ini masih tercukupi," kata Anton.

Terkait dengan solusi mengatasi persoalan kenaikan harga bawang putih ini, Pemprov Sumbar melalui Dinas Ketahanan Pangan setempat, sudah menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat dalam hal ini kebagian distribusi Kementrian Pertanian.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan pemerintah pusat. Hasilnya jika memang ada kelangkaan atau kenaikan harga bawang putih, maka dipersilahkan pemprov Sumbar membuat dan melayangkan surat. Nantinya akan ada dropping pasokan tambaan.

"Jadi ini, terjadi kenaikan. Tadi kita melalui dinas ketahanan pangan, kita sudah komunikasikan dengan pusat bahwa, jika terjadi kelangkaan atau kenaikan harga, silahkan Provinsi buat surat saja. Diminta, nanti akan di droping," tukasnya. (*)

 Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Jumat, 29 Mei 2020 - 14:53:36 WIB

    Imbas Corona Mulai 'Menggoyang' AirAsia, PHK 9 Karyawan dan Rumahkan 873 Pegawai

    Imbas Corona Mulai 'Menggoyang' AirAsia, PHK 9 Karyawan dan Rumahkan 873 Pegawai HARIANHALUAN.COM - PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) merumahkan 873 karyawan total 1.645 karyawan karena wabah virus corona (covid-19). Bahkan, perusahaan juga melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 9 karyawannya..
  • Selasa, 05 Mei 2020 - 11:53:22 WIB

    Imbas Corona, Ekonomi RI Cuma Tumbuh 2,97% di Kuartal I-2020

    Imbas Corona, Ekonomi RI Cuma Tumbuh 2,97% di Kuartal I-2020 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I-2020 sebesar 2,97%. Semua ini terjadi karena imbas virus Corona (COVID-19) yang melanda dalam negeri..
  • Senin, 20 April 2020 - 13:48:15 WIB

    Imbas PSBB, Driver Taksi Online: Dapat Rp100 Ribu Aja Susah

    Imbas PSBB, Driver Taksi Online: Dapat Rp100 Ribu Aja Susah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Driver taksi online curhat kehilangan penumpang di tengah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pasalnya, di tengah PSBB masyarakat memang didorong untuk tinggal di rumah. Semua kanto.
  • Ahad, 19 April 2020 - 12:57:28 WIB

    Wabah Covid-19 Berimbas Pada Usaha Aksesoris Motor di Pasbar

    Wabah Covid-19 Berimbas Pada Usaha Aksesoris Motor di Pasbar PASBAR, HARIAN HALUAN.COM - Pemilik Toko Aksesoris dan Variasi sepeda motor, Amrizal yang terletak di Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) mengeluh karena minimnya pemasukan yang ia dapat imbas dari wabah covid 19..
  • Selasa, 07 April 2020 - 09:14:35 WIB

    Imbas Corona, Sebanyak 300 Pekerja Ramayana Kena PHK

    Imbas Corona, Sebanyak 300 Pekerja Ramayana Kena PHK JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Wabah corona berdampak serius pada para pelaku usaha. Di Depok, Jawa Barat, ratusan pegawai pasaraya atau department store Ramayana dikabarkan mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).  .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]