Kemenaker Keluarkan Edaran Larangan Pekerja China


Jumat, 07 Februari 2020 - 21:22:22 WIB
Kemenaker Keluarkan Edaran Larangan Pekerja China Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kemenaker RI segera mengeluarkan surat edaran kepada seluruh perusahaan penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang terdaftar untuk melarang penempatan ke China.

Kepala Perlindungan TKI Masa Penempatan Kementerian Ketenagakerjaan Maptuha menyampaikan hal tersebut dilakukan menyusul kebijakan Kementerian Luar Negeri yang melarang Warga Negara Indonesia untuk berkunjung ke Daratan China terkait wabah virus corona yang tengah terjadi di Negeri Tirai Bambu itu.

“Kemenaker juga memberi imbauan kepada perwakilan Perusahaan Penempatan PMI atau P3MI agar melakukan pengetatan atau pengurangan terhadap PMI kita baik di Hong Kong maupun Taiwan selama masa kritis ini berlangsung,” kata Maptuha di Jakarta, Jumat (7/2).

Maptuha memaparkan, terkait kebijakan tenaga kerja asing di Indonesia, terutama untuk tenaga kerja China, maka Tenaga Kerja Asing (TKA) pemegang Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) yang saat ini sedang melakukan liburan ke negaranya. Mereka akan diberikan izin untuk dapat kembali bekerja di Indonesia.

“Tentunya, setelah melalui skrining dan penerbangan kembalinya ke Indonesia tidak bisa langsung dari China. Melainkan melalui negara transit yaitu Hong Kong, Singapura dan lainnya,” ujar Maptuha.

Proses keimigrasian tenaga asing asal China yang saat ini masih ada di Indonesia dan dengan masa izin yang hampir habis atau telah habis, maka akan diberikan perpanjangan waktu 30 hari kerja. Atau jika TKA itu tetap ingin kembali ke China, maka akan dipulangkan.(*)

 Sumber : Republika /  Editor : NOVA
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 11 Februari 2020 - 20:02:46 WIB

    Gandeng KPK, Kemenaker Ingatkan Jangan Main-main dengan Anggaran

    Gandeng KPK, Kemenaker Ingatkan Jangan Main-main dengan Anggaran JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kementerian Ketenagakerjaan terus berkomitmen untuk mencegah terjadinya tindak pidana korupsi di dalam tubuh  Kemnaker. Pejabat dan pegawai Kemnaker diimbau untuk berhati-hati dalam mengelola ang.
  • Sabtu, 08 Februari 2020 - 12:31:40 WIB

    Ini Cara Kemenaker Beri Perhatian Khusus ke Pelaut

    Ini Cara Kemenaker Beri Perhatian Khusus ke Pelaut JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, mengatakan pemerintah terus berkomitmen untuk meningkatkan pelindungan terhadap pekerja maritim yang meliputi pelaut kapal niaga, kapal perikanan, dan Pekerj.
  • Kamis, 09 Januari 2020 - 22:12:07 WIB

    Selamatkan Pengangguran, Kemenaker Siap Kelola BLK Terbengkalai Milik Pemda

    Selamatkan Pengangguran, Kemenaker Siap Kelola BLK Terbengkalai Milik Pemda Kementerian Ketenagakerjaan menyatakan siap mengambilalih pengelolaan Balai-balai Latihan Kerja (BLK) milik pemerintah daerah di tingkat provinsi, dan kabupaten/kota yang kondisinya terbengkalai dan tidak berfungsi secara opt.
  • Kamis, 31 Oktober 2019 - 02:30:40 WIB

    Horee..!!! Kemenaker Pastikan Kartu Prakerja akan Dilaksanakan 2020

    Horee..!!! Kemenaker Pastikan Kartu Prakerja akan Dilaksanakan 2020 JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Kepala Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) Soes Hindharno, menyebut pada 2020 akan ada kartu prakerja. Kartu prakerja ini akan membantu masyarakat yang belum memiliki pekerjaan. Namu.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]