DPRD Pessel Dorong Dinas Perikanan Sosialisasikan Program Asuransi Nelayan


Jumat, 07 Februari 2020 - 21:24:06 WIB
DPRD Pessel Dorong Dinas Perikanan Sosialisasikan Program Asuransi Nelayan Anggota Komisi II DPRD Pessel, Ikal Jonedi

PAINAN, HARIANHALUAN.COM - Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan, Ikal Jonedi, mendorong Dinas Perikanan setempat agar lebih aktif dalam mensosialisasikan program asuransi nelayan di daerah setempat.

Ia mengaku, miris melihat peristiwa kecelakaan nelayan yang terjadi pada Rabu (29 Januari 2020), akibat dihantam badai dan gelombang tinggi. Akibatnya, sebanyak 139 nelayan yang menjadi korban, tak satupun dari mereka yang terdaftar asuransi.

"Kedepan hal ini mesti menjadi perhatian bersama. Kami berharap Dinas Perikanan Pessel selaku dinas terkait agar lebih maksimal memberikan informasi dan sosialisasi kepada nelayan," ujar Politisi Demokrat Dapil III (Sutera-Lengayang) ini pada wartawan, Kamis (6/2).

Menurutnya, rendahnya pemahaman masyarakat untuk ikut asuransi jiwanya, bukan mutlak kesalahan dari nelayan itu sendiri. Namun, hal itu dikarenakan lemahnya sosialisasi dari pemerintah setempat.

"Jika sosialisasi pemerintah kuat dan tepat sasaran, tentu nelayan tidak akan sulit untuk berasuransi. Idealnya PPL pada masing-masing kecamatan mesti cepat tanggap menyampaikan informasi tersebut," katanya.

Bahkan nelayan yang menjadi korban kecelakaan laut tersebut, mesti menjadi perhatian serius pemerintah daerah. Apalagi mereka berasal dari keluarga kurang mampu, yang saban hari membutuhkan biaya untuk menghidupi keluarga.

"Jadi, asuransi bukan hal yang sepele, karena menyangkut jaminan jiwa keluarga nelayan di Pessel. Kami tegaskan kepada seluruh PPL agar bekerja dengan profesional sesuai dengan tupoksi masing-masing. Sebab, ini sangat penting untuk nelayan kita," tuturnya.

Sebelumnya, Dinas Perikanan Kabupaten Pesisir Selatan mencatat sebanyak 139 orang nelayan yang mengalami kecelakaan laut, tidak satupun mereka terdaftar sebagai peserta asuransi nelayan di daerah setempat.

Dilaporkan, sebanyak 139 orang yang mengalami kecelakaan tersebut tersebar di Empat kecamatan daerah setempat, yakni 31 orang nelayan Batangkapas, 30 orang Linggo Sari Baganti, 57 Koto XI Tarusan dan 21 orang dari Sutera. (h/*)

 

 

loading...
 Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]