Ramah Lingkungan, Sekali Full Tank, Mobil Ini Bisa Melaju Hampir 700 Km


Jumat, 07 Februari 2020 - 22:31:34 WIB
Ramah Lingkungan, Sekali Full Tank, Mobil Ini Bisa Melaju Hampir 700 Km Sekali isi bensin full tank, Mitsubishi Outlander PHEV bisa melanju nyaris 700 km (Mitsubishi)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Perkenalkan mobil ramah lingkungan besutan Mitsubishi: Outlander PHEV. Mobil ini menggabungkan mesin bensin 2.400 cc dan dua motor listrik yang menggerakkan poros roda depan dan belakang. Ini yang menjadi rahasia kemampuan Outlander PHEV melaju jauh.

Bicara spesifikasi, Mitsubishi Outlander PHEV mengusung mesin bensin 2.4 liter. Mesin itu dikombinasi dengan motor listrik yang punya tenaga 60 kW di roda depan dan 70 kW pada roda belakang.

Sebagai mobil plug-in hybrid, Outlander PHEV memiliki mode EV yang hanya melaju dengan motor listriknya sementara mesin bensinnya mati. Dengan mode EV, mobil ini bisa melaju sejauh 55 km tanpa meminum bensin. Sisanya, jika baterai di bawah 20%, maka mesin akan otomatis menyala sendiri untuk berperan sebagai generator penyalur tenaga listrik yang akan disimpan ke baterai.

Untuk mendukung mesin bensin, Outlander PHEV punya tangki bahan bakar sebesar 45 liter. Jika baterainya full dan tangki bensinnya full, Mitsubishi mengklaim mobil ini bisa melaju sejauh 600 km.

"Kemarin saya ngobrol sama orang PLN, dia ambil Outlander PHEV ini dia cas full, terus dia isi bensinnya full. Udah sebulan, dengan jarak 500 km belum ngisi bensin lagi, belum ngecas juga selama sebulan," kata Ilham Iranda Syahputra, Head of Sales & Dealer Management Region 2 Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Kamis (6/2/2020).

Head of PC Product Planning Section PT MMKSI, Hanif Risky, menambahkan sebelumnya timnya juga sempat menguji coba mobil ramah lingkungan ini untuk mengetahui seberapa jauh bisa melaju. Hasilnya, Outlander PHEV bisa menjangkau jarak hampir 700 km dengan kondisi baterai penuh dan bensin full.

"Itu total tempuh 695 km, full baterai dan full bensin. Sebenarnya itu masih bisa jalan, cuma pas diisi ulang lagi bensinnya udah bisa terisi 45 liter lagi," ujar Hanif.

Untuk mendukung hal itu, Outlander PHEV punya sistem pengisian ulang baterai dari mesin bensinnya. Jadi, misalnya baterai sudah di bawah 20%, maka mesin bensinnya akan otomatis menyala untuk menjadi generator. Mesin akan mati lagi kalau baterainya sudah 80%. (h/dtk)

 Sumber : detikNews /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]