Mahfud MD: RI Satu-satunya Negara Besar di Asia yang Tak Terdampak Corona


Jumat, 07 Februari 2020 - 22:39:00 WIB
Mahfud MD: RI Satu-satunya Negara Besar di Asia yang Tak Terdampak Corona Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD.

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengklaim bahwa Indonesia merupakan satu-satunya negara besar di Asia yang belum memiliki kasus positif virus corona. Sementara negara-negara lain beberapa sudah memiliki kasus positif virus corona.

"Yang ingin saya katakan bahwa sampai saat ini Indonesia itu adalah satu-satunya negara besar di Asia yang tidak punya kasus corona. Virus corona itu tuh ndak ada di Indonesia," kata Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Jumat (7/2).

Mahfud menegaskan bahwa penduduk Indonesia sejauh ini tak ada yang positif terjangkit virus corona. "Terinfeksi aja di sini tak ada," kata Mahfud.

Mahfud juga menegaskan seluruh WNI yang sudah dievakuasi dari Wuhan, China dalam kondisi sehat. Mereka kini tengah menjalani observasi selama 14 hari di Natuna.

Mahfud menjelaskan observasi itu dilakukan karena mengikuti standarisasi yang diterapkan World Health Organization (WHO) agar tiap negara melakukan observasi masing-masing warga negaranya yang dievakuasi dari Wuhan.

"Bahwa orang yang pulang dari Wuhan itu sedang ada virus Corona maka sebaiknya di observasi selama 14 hari itu," kata dia.

Setidaknya ada 285 orang yang saat ini masih menjalani observasi di Natuna untuk 14 hari sebagaimana masa inkubasi virus corona. Mereka terdiri dari 237 WNI, 1 WNA, 5 orang tim Kemenlu, 24 tim penjemput, dan 18 kru Batik Air.

Hingga hari ini, mereka sudah tujuh hari menjalani masa observasi sejak tiba di Natuna pada 1 Februari 2020. Menkes Terawan Agus Putranto menyebut 285 orang itu dalam kondisi baik tanpa ada peningkatan suhu tubuh.

Jika tak ada kendala dan tetap sehat, mereka akan dipulangkan ke kediaman masing-masing pekan depan, tepatnya 14 Februari. (h/cnn)

 Sumber : CNN Indonesia /  Editor : Heldi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 30 Mei 2020 - 20:10:59 WIB

    Mahfud MD Disorot Media Internasional Akibat Ucapan Istri dan Corona

    Mahfud MD Disorot Media Internasional Akibat Ucapan Istri dan Corona HARIANHALUAN.COM -  Media Arab, India, hingga Australia, menyorot ucapan Menko Polhukam Mahfud MD terkait corona seperti istri. Saat itu Mahfud sedang silaturahmi online dengan Universitas Sebelas Maret..
  • Kamis, 28 Mei 2020 - 01:13:03 WIB

    Gunakan Meme 'Corona Is Like Your Wife', Mahfud MD Didesak Minta Maaf

    Gunakan Meme 'Corona Is Like Your Wife', Mahfud MD Didesak Minta Maaf HARIANHALUAN.COM - Pernyataan Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD menyedot perhatian warganet lantaran menggunakan meme 'Corona Is Like Your Wife'. Mahfud pun diminta menyampaikan maaf, k.
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 19:52:45 WIB

    Mahfud MD Sebut 'New Normal' Masih Wacana

    Mahfud MD Sebut 'New Normal' Masih Wacana HARIANHALUAN.COM - Kebijakan tentang tatanan hidup baru atau New Normal hidup berdamai dengan pandemi Covid-19 masih sebatas wacana. Hal tersebut, disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhu.
  • Senin, 25 Mei 2020 - 19:37:08 WIB

    Mahfud MD Sebut Perayaan Idul Fitri Lancar, Masyarakat juga Tertib

    Mahfud MD Sebut Perayaan Idul Fitri Lancar, Masyarakat juga Tertib HARIANHALUAN.COM -- Menko Polhukam Mahfud MD mengucapkan terima kasih kepada masyarakat karena telah merayakan Idul Fitri tahun ini serta melaksanakan salat Ied dengan tertib. Dia juga berterima kasih kepada aparat keamanan y.
  • Kamis, 21 Mei 2020 - 06:58:31 WIB

    Sst! Mahfud MD Diam-diam Suka Bantu 'Bebasin' Orang

    Sst! Mahfud MD Diam-diam Suka Bantu 'Bebasin' Orang HARIANHALUAN.COM -- Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Polhukam), Mahfud MD diam-diam suka membantu melepaskan seseorang yang apabila tidak bersalah melakukan pelanggaran hukum dengan menghubungi langsung Kep.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]