Ngeri..! Belalai Air Muncul di Kawasan Wisata Buleleng Bali


Jumat, 07 Februari 2020 - 23:04:34 WIB
Ngeri..! Belalai  Air Muncul di Kawasan Wisata Buleleng Bali Belalai air (waterspout), puting beliung yang ada di permukaan air muncul di Buleleng Bali (Screenshot video viral)

JAKARTA,HARIANHALUAN.CO- Warga di kawasan wisata Buleleng, Bali. digempar oleh  fenomena alam yang  mengerikan. Puting beliung  tiba-tiba muncul bagai belalai raksasa  yang menyedot air laut dekat pantai Sekar, Jumat petang  (7/2/2020).  Kejadian  tersebut sempat  terekam video  pengunjung dan cukup  viral di media sosial.

Kakak BPBD Bali I Made Rentin  membenarkan  kejadian di video  tersebut. "Info dari Buleleng,  kejadian itu benar adanya," kata I Made Rentin .

Peristiwa itu terjadi pada Jumat sore  tadi di Kecamatan Tejakula, Buleleng. 

Saat itu puting beliung  tersebut  muncul di atas permukaan air. Fenomena ini dikenal dengan belalai air atau waterspout. 

Dilaporkan tak ada dampak dari peristiwa ini.

BMKG pernah memberikan penjelasan, fenomena waterspout ini berasal dari awan kumulonimbus, yaitu sebuah awan vertikal yang menjulang tinggi hingga dapat mencapai ketinggian tropopause, yaitu lapisan awan bagian paling atas.

Kemudian awan kumulonimbus yang tumbuh secara intens dapat menimbulkan hujan deras, kilat/petir, angin kencang, puting beliung, dan hujan es. Pembentukan awan ini dapat disebabkan oleh faktor lokal, yaitu pengaruh orografik (hujan pegunungan), proses konveksi (pemberian panas ke atas), dan faktor regional, yakni angin monsun. *

 Sumber : Detik.com /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]om