Cerdas Politik di Tengah Arus Narasi Para Politisi


Sabtu, 08 Februari 2020 - 00:47:38 WIB
Cerdas Politik di Tengah Arus Narasi Para Politisi Ketua KNPI Padang, Megri Fernando

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Menyikapi beberapa wacana dan isu yang beredar perihal kondisi politik hari ini, Ketua KNPI Padang, Megri Fernando dalam sela-sela diskusi santai di salah satu kedai kopi, Jumat (8/2) mengimbau para pemuda untuk memahami politik secara cerdas dan jernih. Isu-isu yang beredar harus disikapi secara bijaksana. 

Untuk menyikapi situasi dan narasi politik yang beredar, Megri Fernando mengajak para pemuda ikut berperan aktif dalam pendidikan politik sehingga masyarakat tidak terjebak dalam narasi yang absurd. Dalam politik praktis, adanya dramaturgi dan agenda setting dalam opini politik yang beredar, seperti adanya back stage dan front stage.

"Dalam hal ini butuh penalaran dan pendidikan politik sehingga terbentuknya pemuda dan masyarakat yang cerdas secara politis. Tidak hanya menjadi konsumen yang tak paham produk yang akan dibelinya, ibarat mambali kuciang dalam karuang,” jelas Megri. 

Dia menambahkan, kepada politisi agar bisa memberikan contoh yang baik dan bijaksama kepada masyarakat agar dapat diteladani dan diterapkan sebagai bentuk pendidikan politik di tengah masyarakat. "Sudah saatnya masyarakat mendapatkan contoh yang baik dari politisi," katanya kemudian.  

Para politisi juga seharusnya membentuk gagasan yang substansi dan penuh esensi dalam mewarnai dinamika politik yang ada. Jangan hanya dengan dinamika yang  populis dan entertain yang minim substansi, sehingga politik hanya dijadikan tontonan drama dan politisi sebagai aktornya.

"Politisi merupakan salah satu instrumen penting dalam pendidikan politik. Jadi, saya tegaskan, untuk pemuda dan masyarakat supaya tetap tenang menyikapi situasi politik hari ini di Padang secara jernih, cerdas dan tegas. Sehingga, terbentuk iklim yang substansi dan bijaksana," tutup Megri. (*)

 Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 01 Juli 2019 - 22:11:40 WIB

    Jauhi Narkoba dekati Agama, Jadilah Masyarakat yang Cerdas

    Jauhi Narkoba dekati Agama,  Jadilah Masyarakat yang Cerdas Menurut Permenkes 917/Menkes/Per/X/1993, Obat (jadi) adalah sediaan atau paduan-paduan yang siap digunakan untuk mempengaruhi atau menyelidiki secara fisiologi atau keadaan patologi dalam rangka penetapan diagnosa, pencegahan.
  • Selasa, 15 November 2016 - 23:45:26 WIB

    Cerdas Memilih Pemimpin

    Tulisan ini terinspirasi dari dialog antara seorang nenek dengan cucunya terkait Pilkada yang dikirim sahabat saya di media sosial. Awal dialog sang nenek bertanya perihal sehelai jilbab yang diterimanya dari salah satu pasan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]