Sebagian Jakarta Banjir Setinggi 30 Centi, Anies Basweda: Semua Jajaran Tetap Disiagakan


Sabtu, 08 Februari 2020 - 12:23:44 WIB
Sebagian Jakarta Banjir Setinggi 30 Centi,  Anies Basweda: Semua Jajaran Tetap Disiagakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat memantau ketinggian air di Pintu Air Manggarai, Jakarta, Sabtu (8/2/2020). (Foto: Instagram)

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuturkan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sejak Jumat sore sudah menyiagakan semua jajaran terkait. Curah hujan yang tinggi di kawasan hulu, menurut dia, terlihat dari ketinggian air di Bendung Katulampa di Bogor.

"Mulai pukul 16.00 WIB ketinggian meningkat terus dan mencapai puncaknya pada pukul 22.00 (Siaga 3/Waspada) Seluruh jajaran mengabarkan ke kampung-kampung sepanjang bantaran sungai untuk bersiaga," katanya seperti dikutip dari akun instagramnya, @aniesbaswedan.


Anies mengatakan, Tim UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI sejak tengah malam sudah berjaga dengan semua alat berat untuk membersihkan "debris" yang terbawa aliran sungai masuk ke Jakarta dan ditahan di Pintu Air Manggarai.

"Pada pukul 3 pagi, alat berat mulai bekerja menindahkan debris dari badan sungai ke truk-truk. Dalam waktu 5 jam saja terangkut sekitar 200 ton sampah (25 truk)," ujarnya. 

Di Pintu Air Manggarai, Anies memaparkan, ketinggian normal pada musim hujan mencapai 600. Kiriman air yang terjadi pada Sabtu dini hari, membuat ketinggian di Pintu Air Manggarai terus meningkat hingga di angka 925 (naik 3,25 m) dengan status siaga 2.

Ketinggian itu tercatat pukul 08.00 WIB dan pukul 09.00 WIB turun hingga 895 dan terus menerus surut. "Kawasan hulu dan sisi timur laut Jakarta pagi tadi mengalami hujan tinggi dan ekstrem, mencapai 244,2mm/hari (Jakarta) dan 130mm/hari (Bogor). Semua masih tetap bersiaga," katanya.

Anies mengungkapkan, saat ini semua pintu air dikendalikan sembari memonitor ketinggian permukaan air laut. Begitu permukaan air laut mulai surut, diperkirakan pukul 10-11.00 WIB, maka semua pintu air dapat dibuka maksimal sehingga air di semua wilayah yang terendam dapat cepat surut.


"Apresiasi pada semua petugas yang bekerja non-stop sejak kemarin sore hingga saat ini!?" ujar mantan menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud) ini. (*)

 Sumber : Inewsid /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 14 Januari 2020 - 09:29:19 WIB

    Sebagian Warga Menolak Hasil Pilwana Koto Tinggi 

    Sebagian Warga Menolak Hasil Pilwana Koto Tinggi  AGAM, HARIAN HALUAN.COM-Tidak terima  dengan hasil pemilihan wali nagari (Pilwana),  puluhan anak Nagari Koto Tinggi, Kecamatan Baso, mendatangi kantor walinagari setempat saat proses serah terima jabatan (sertijab) dari Pj.
  • Ahad, 14 Oktober 2018 - 16:23:46 WIB

    Hingga Minggu Ini, Sebagian Tiku V Jorong  Masih Terendam Banjir 

    Hingga Minggu Ini, Sebagian Tiku V Jorong  Masih Terendam Banjir  AGAM, HARIANHALUAN-- Sebagian wilayah Nagari Tiku V Jorong, Kecamatan Tanjung Mutiara, masih terendam banjir akibat curah hujan tinggi sampai, Minggu,(14/10).  Ratusan warga  yang rumahnya di sepanjang aliran Batang Masang,.
  • Rabu, 31 Mei 2017 - 13:24:03 WIB

    Banjir Selutut, Sebagian Pasien RS M Djamil Dievakuasi

    Banjir Selutut, Sebagian Pasien RS M Djamil Dievakuasi PADANG, HARIANHALUAN.COM - Tingginya curah hujan sejak malam 30 Mei 2017 hingga pagi hari 31 Mei 2017, membuat sejumlah pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr. M. Djamil Padang terpaksa dievakuasi ke tempat yan.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM