Innalillahi..! Istri Chrisye Meninggal karena Stroke, Waspadai Gejala Awalnya


Sabtu, 08 Februari 2020 - 19:02:29 WIB
Innalillahi..! Istri Chrisye Meninggal karena Stroke, Waspadai Gejala Awalnya Foto/detik

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Istri dari mendiang Chrisye, Damayanti Noor, meninggal dunia pada Sabtu (8/2/2020) di kawasan Puncak, Cimacan, Jawa Barat. Jenazah wanita yang akrab disapa Yanti Noor ini rencananya dibawa ke rumah duka di kawasan Bintaro, Tangerang, Banten.

Pengurus Komunitas Kangen Chrisye, Nini Sunny, mengatakan menurut kabar yang beredar Yanti Noor meninggal karena stroke.

"Berita terdengar stroke, itu after dia salat duha katanya, jadi yang baru bisa saya share itu," kata Nini dikutip dari detik.com, Sabtu (8/2/2020).

Dokter bedah saraf dari RS Mayapada, dr Roslan Yusni Hasan, SpBS, yang akrab disapa dr Ryu pernah mengatakan orang-orang yang memiliki faktor risiko stroke seperti misalnya hipertensi harus tahu tanda-tanda serangan. Biasanya stroke ini terjadi secara mendadak.

Berikut contoh tanda stroke:

1. Tangan lemas atau lumpuh

Bila ada anggota tubuh yang terasa tiba-tiba lumpuh, waspada karena itu bisa jadi tanda serangan stroke. Alasannya karena serangan stroke seringkali mempengaruhi sistem saraf gerak seperti misalnya tangan.

Coba angkat kedua tangan, apakah salah satu di antaranya melemah?

2. Sulit bicara

Ketika stroke terjadi maka sistem saraf yang mengatur kemampuan bicara juga bisa terpengaruh. Seseorang yang tiba-tiba kesulitan bicara atau ngomongnya jadi tidak nyambung harus diwaspadai kemungkinan stroke.

3. Wajah mencong

Tanda awal dari serangan stroke biasanya adalah kelemahan otot di bagian tubuh tertentu terutama wajah. Biasanya kelemahan ini hanya terjadi pada satu sisi wajah sehingga terlihat seperti mencong.

4. Sakit kepala mendadak

Sakit kepala yang muncul mendadak tanpa penyebab jelas juga bisa disebabkan karena stroke. Dikutip dari healthline kadang sakit kepala juga disertai rasa pusing hingga memicu muntah-muntah.

5. Perubahan emosi

dr Ryu mengatakan bila emosi tiba-tiba berubah tanpa alasan jelas juga sebaiknya langsung cek untuk stroke.

"Juga kalau ada perubahan mendadak pada emosionalnya, waspada stroke saja. Karena semua yang ada di tubuh terpusat di otak," kata dr Ryu beberapa waktu lalu. (*)

 Sumber : Detik /  Editor : Milna

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]