Waspada! BMKG Sebut Sejumlah Wilayah di Indonesia Berpotensi Banjir-Longsor, Termasuk Sumbar


Sabtu, 08 Februari 2020 - 19:49:20 WIB
Waspada! BMKG Sebut Sejumlah Wilayah di Indonesia Berpotensi Banjir-Longsor, Termasuk Sumbar Foto/detik

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebagian besar pulau Indonesia akan dilanda hujan sedang hingga lebat selama lima hari ke depan. Masyarakat diminta waspada banjir hingga tanah longsor.

"Secara umum 8-13 Februari 2020 hampir merata di berbagai pulau besar Indonesia, mulai Aceh sampai Papua alami hujan harian dengan intensitas sedang hingga lebat," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati saat konferensi pers di gedung BMKG, Kemayoran, Jakarta Pusat, Sabtu (8/2/2020).

Dwikorita menyebut wilayah yang terdampak hujan lebat adalah Aceh, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat dan Papua. Seluruh provinsi tersebut, sebutnya, berpotensi mengalami banjir hingga tanah longsor.

"Inilah, karena intensitas ini tampaknya masih tinggi dan terjadi tidak hanya di Jabodetabek, bahkan di wilayah lain di Indonesia, perlu diwaspadai potensi banjir, banjir bandang, longsor. Ini masih dapat terjadi," ucapnya.

Dwikorita menyebut pada 8-9 Februari ada 11 wilayah di Indonesia yang harus waspada banjir dan 1 wilayah siaga banjir dampak hujan lebat. Sebanyak 12 provinsi itu adalah Kalimantan Utara, Aceh, Bengkulu, Sumsel, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, NTB, NTT, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat.

"Jadi itu tadi ada 12 wilayah yang berpotensi banjir atau genangan diprediksi berdasarkan intensitas hujannya. Periode banjir itu hari ini sampai besok. Itu prediksi di dasarian pertama hari ini sampai 9 Februari," ujar Dwikorita. (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]