BPBD Pasbar Pasok Air Bersih ke Warga Terdampak Banjir Sungai Batahan


Sabtu, 08 Februari 2020 - 20:48:38 WIB
BPBD Pasbar Pasok Air Bersih ke Warga Terdampak Banjir Sungai Batahan Tim BPBD Pasbar melakukan patroli daerah rawan banjir.

PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM -- Akibat tingginya curah hujan yang mengguyur daerah kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) sejak Jumat (7/2/20) hingga Sabtu pagi (8/2/20) mengakibatkan aliran sungai Batahan meluap yang mengakibatkan 150 rumah warga terendam air dan 4 buah rumah terancam hanyut.

Menyikapi itu, Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Edi Busti menginstruksikan BPBD Pasbar dan jajaran terkait di Pasbar agar ikut melakukan patroli daerah rawan banjir, longsor maupun pohon tumbang pasca kejadian hujan lebat yang melanda Pasbar sejak Jumat malam itu.

"Saat ini petugas masih melakukan pendataan, namun laporan sementara, ada beberapa unit rumah terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 1.5 meter di Kecamatan Sungai Aur," kata Edi, Sabtu (8/2/2020).

Pada kesempatan itu, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Pasbar, Decky H Saputra, menghimbau, warga yang tinggal di daerah tebing atau bukit agar lebih siaga dan selalu memantau kondisi tebing-tebing di sekitarnya yang berkemungkinan akan longsor karena tingginya debit air tanah.

"Apabila kondisi sudah masuk level awas, disarankan kepada masyarakat untuk segera mengungsi ke tempat yang lebih aman, dan segera laporkan jika ada ancaman bahaya, selain itu segera evakuasi mandiri, jika mendesak sampai ada bantuan datang," ujar Decky.

Berdasarkan laporan tim di lapangan bahwa di Kecamatan Gunung Tuleh, di Jorong Paraman Ampalu ada satu unit ponton (sarana transportasi penyeberangan) hanyut terbawa arus sungai batang kanaikan.

"Satu Unit ponton sebagai sarana penghubung antara kecamatan Gunung Tuleh dan Jorong Tanjung Babolik (Kecamatan Sungai Aur) juga hanyut terbawa arus sungai, sehingga mengalami kendala serius, karena hingga hari ini Sabtu masyarakat dan anak sekolah tidak bisa beraktivitas seperti biasa," jelas Decky.

Sementara hinggga saat ini, BPBD Pasbar telah memasok air bersih kepada masyarakat untuk keperluan sehari-hari, karena saat ini masyarakat sangat membutuhkan pasokan air bersih pasca bencana banjir yang melanda sungai Batang Batahan. (*)

Reporter : Fadli /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]