Lihat Orang Buang Sampah Sembarangan di Kota Padang? Begini Cara Melaporkannya


Ahad, 09 Februari 2020 - 10:00:15 WIB
Lihat Orang Buang Sampah Sembarangan di Kota Padang? Begini Cara Melaporkannya Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Mairizon. Foto/Humas Kota Padang

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang memberikan insentif sebesar Rp100 ribu kepada setiap orang yang bisa merekam dengan video aksi masyarakat yang membuang sampah sembarangan tempat.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang Mairizon mengatakan, video pelanggaran yang akan mendapat insentif apabila dalam video tersebut memperlihatkan aktivitas pelanggaran dan wajah pelaku secara jelas. Kemudian informasi yang dapat memberi petunjuk bagi petugas untuk menemukan pelaku.

"Bagi pelapor dapat mengirim video dan informasi pelaku ke http://bit.ly/sikatpel atau nomor WhatsApss (WA) 08116618603. Dan pelapor tidak perlu khawatir karena semua indentitas pelapor akan dirahasiakan," jelasnya, kemarin.

Ia menambahkan, insentif tersebut berdasarkan Perwako Nomor 109 Tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perda Nomor 21 Tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah. Di sana ada pasal yang menjelaskan tentang pemberian insentif bagi masyarakat yang membantu melaporkan bagi pembuang sampah sembarangan.

"Sebelumnya juga ada aturan membuang sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) pada pukul 05.00 hingga pukul 17.00 WIB," ujarnya.

Lebih jauh dikatakanya, adanya aturan ini dapat memberikan efek jerah kepada masyarakat supaya tidak membuang sampah sembarangan tempat.

"Selain itu, kita tentunya berharap semakin timbul kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan Kota Padang," tukuknya. (*)

loading...
 Sumber : Rilis /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Rabu, 13 Mei 2020 - 06:44:36 WIB

    Ketua RT Kaget Melihat Banyak Warganya Dapat Double BLT di Kota Padang

    Ketua RT Kaget Melihat Banyak Warganya Dapat Double BLT di Kota Padang Pendataan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kota Padang bagi masyarakat yang terdampak Corona atau Covid-19 ternyata masih banyak kekeliruan. Sebab, seharusnya bantuan yang diterima hanya untuk satu Kepala Keluarga (KK). Namun say.
  • Rabu, 14 Agustus 2019 - 16:59:59 WIB

    Jalan Bypass Akan Terlihat Cantik, Ternyata Ini yang Dilakukan

    Jalan Bypass Akan Terlihat Cantik, Ternyata Ini yang Dilakukan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sekitar 30 perusahaan di Kota Padang setuju bahwa akan membuat taman di median jalan sepanjang Bypass. Diperkirakan pada September mendatang akan dimulai pengerjaan pembuatan taman tersebut..
  • Selasa, 12 Juli 2016 - 11:21:08 WIB

    Pakar Gempa: Patahan Gempa Pasaman Sudah Terlihat

    Pakar Gempa: Patahan Gempa Pasaman Sudah Terlihat PADANG, HALUAN- Gempa bumi kembali mengguncang Pasaman, Selasa (12/7) pagi di 24 kilometer Tenggara Pasaman, dengan kekuatan gempa 3,5 Skala Richter (SR) dengan kedalaman 10 kilometer..
  • Sabtu, 04 Juni 2016 - 05:25:40 WIB
    Jamaah Naqsabandiyah Mulai Tarawih

    Besok, Kemenag Sumbar Lihat Hilal

    Besok, Kemenag Sumbar Lihat Hilal PADANG, HALUAN — Kendati Muhammadyah sudah menetapkan 1 Ramadan 1437 H sudah menetapkan jatuh pada hari Senin (6/6) mendatang, pemerintah belum memastikan hal tersebut. Menurut rencana, Kantor Wilayah Kementerian Agama Sum.
  • Ahad, 01 Februari 2015 - 19:22:08 WIB

    Pemko Pasrah Lihat Bangli Hiasi Muaro Lasak

    PADANG, HALUAN — Bangunan liar (Bangli) seperti lapak-lapak pedagang kaki lima (PKL) di sepanjang Muaro Lasak hingga belakang Hotel Pangeran, semakin banyak berdiri. Bangunan itu, sudah semi permanen did.


Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]