Virus Corona kian Mengamuk, WHO: Ayo Lawan Informasi Palsu!


Ahad, 09 Februari 2020 - 13:40:47 WIB
Virus Corona kian Mengamuk, WHO: Ayo Lawan Informasi Palsu! Sekjen WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus

JENEWA,HARIANHALUAN.COM- Sekretaris Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus mendesak komunitas global untuk melawan teori informasi dan konspirasi yang salah mengenai penyebaran virus Corona jenis baru. 

Tedros mengatakan, informasi palsu dan salah akan membahayakan orang-orang. "Orang harus memiliki akses ke informasi yang akurat untuk melindungi diri mereka sendiri dan orang lain," kata Ghebreyesus saat melakukan konferensi pers di markas WHO di Jenewa, Swiss.

Baca Juga : Jangan Abaikan Mulut Kering, Bisa Jadi Gejala Awal Covid-19

"Di WHO, kami tidak hanya memerangi virus, kami juga memerangi para troll dan teori konspirasi yang mendorong informasi yang salah dan merusak respons wabah," sambungnya, seperti dilansir Tass pada Minggu (9/2/2020).

Dia menuturkan, tim komunikasi risiko dan tim manajemen 'infodemik' WHO telah secara aktif melacak informasi yang salah mengenai virus Corona jenis baru, dalam berbagai bahasa.

Baca Juga : Kasus Covid-19 Terus Meningkat, Hari Ini Riau 4 Besar di Indonesia

"Tim WHO menangani rumor dengan menerbitkan penghilang mitos dan wawancara tanya jawab langsung dengan para ahli di situs web kami dan saluran sosial dan melalui media," ungkapnya.

"Organisasi global juga terlibat dengan mesin pencari dan situs jejaring sosial, meminta mereka untuk menyaring informasi palsu dan mempromosikan informasi yang akurat dari sumber yang dapat dipercaya seperti WHO, CDC dan lainnya," tukasnya.(*)

Baca Juga : Tahap Kedelapan, Enam Juta Bahan Baku Vaksin COVID-19 Tiba di Tanah Air

Editor : Dodi | Sumber : Sindonews
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]