Siapa Menteri Paling Dibenci? Survei IPO: Prabowo Paling Populer, Erick Thohir Paling Disukai


Ahad, 09 Februari 2020 - 17:49:38 WIB
Siapa Menteri Paling Dibenci?  Survei IPO: Prabowo Paling Populer, Erick Thohir Paling Disukai Kabinet Indonesia Maju. Foto/SINDOnews

JAKARTA,HARIANHALUAN.COM - Menteri Pertahanan Prabowo Subianto paling populer di kalangan publik. Menteri BUMN Erick Thohir dengan peringkat teratas paling disukai. Demikian hasil survei IPO. 

Indonesia Political Opinion (IPO), lembaga riset sosial dan kajian akademik, melakukan survei tentang evaluasi dan persepsi publik terhadap kinerja 100 Hari Kabinet Indonesia Maju.

Baca Juga : Begini Reaksi Gibran soal Konflik Asmara Kaesang dan Felicia Tissue

Namun yang dipublikasikan atau mukin disurvei hanya  peringkat kategori atas.

Direktur Eksekutif IPO, Dedi Kurnia Syah Putra, mengatakan penyusunan survei ini berdasarkan kinerja berbasis perspektif, menghimpun pendapat publik terhadap ketokohan, aktivitas, hingga kepercayaan publik terhadap Kabinet Indonesia Maju.

Baca Juga : PNS Ogah Pindah Ibu Kota Baru: Cabut Aja!

Dalam survei IPO, nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi nama paling dikenal atau populer di kalangan publik, dengan angka 92%. Disusul Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (89%), Menteri Koordinator Politik Hukum dan HAM, Mahfud MD (85%), dan Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir dengan angka 81%.

Adapun menteri yang paling disukai oleh publik adalah Menteri BUMN Erick Thohir dengan peringkat teratas, 96%. Kemudian Menteri Luar Negeri Retno Marsudi (94%), Menko Polhukam Mahfud MD (92%), dan Mendagri Tito Karnavian sebanyak 91%.

Baca Juga : Nama Cita Citata Terseret Kasus Korupsi Bantuan Sembako Covid-19

Dedi Kurnia mengatakan, kesukaan publik terhadap para menteri tersebut berdasarkan figur dan latar belakang mereka. Bentuk penilaian itu antara lain intelegensia, ketegasan, kewibawaan, dan religiusitas.

Kesukaan publik terhadap Erick Thohir juga berdampak terhadap pendampingnya. Dua Wakil Menteri BUMN menjadi wakil menteri yang paling mendapat tempat di hati publik, yaitu Wakil Menyeri BUMN Budi Gunadi Sadikin dan Kartika Wirjoatmodjo.

Baca Juga : Wah! 1,1 Juta Dosis Vaksin AstraZeneca Sampai di Tanah Air

"Budi Gunadi Sadikin mendapat angka 29% dan Kartika Wirjoatmojo juga 29%, dengan masing-masing di peringkat pertama dan kedua," tulis Dedi Kurnia dalam keterangan pers siperti dilansir SINDOnews,, Minggu (9/2/2020).

Posisi wakil menteri ketiga yang disukai publik adalah Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo (27%), dan berikutnya Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar dengan poin 24%.

Kesukaan publik terhadap tiga tokoh Kementerian BUMN ini menempat instansi mereka dalam tiga besar kementerian paling baik kinerjanya dalam 100 hari pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Kementerian BUMN mendapatkan 77,0% kepercayaan publik di bawah Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang mencapai 80,3%. Sedangkan Kementerian Luar Negeri di posisi teratas dengan tingkat kepercayaan 84%.

Untuk tokoh Kabinet Indonesia Maju yang layak dijadikan pedoman alias role model, hasil responden menghasilkan tujuh nama: Menteri BUMN Erick Thohir dengan 31,1%, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi 25%, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono 21,5%, Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto 18%, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati 15%, Menko Polhukam Mahfud MD sebanyak 14,5%, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sebesar 11%.

Mereka dianggap layak dijadikan pedoman alias role model karena kesesuaian bidang, profesionalitas, hasil kerja, pintar, berwibawa, dan tegas.

Dedi Kurnia mengatakan survei IPO ini menggunakan teknik wellbeing purposive sampling (WPS), terhadap 1.600 responden di seluruh Indonesia, yang berlangsung pada periode 10-31 Januari 2020. Validitas data dengan menggunakan metode itu diklaim dalam rentang 94% hingga 97%. (*)

Editor : Dodi | Sumber : Sindonews.com
TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]