Lima Pencuri Mobil Diciduk, Seorang Dilumpuhkan Timah Panas


Senin, 10 Februari 2020 - 14:41:51 WIB
Lima Pencuri Mobil Diciduk, Seorang Dilumpuhkan Timah Panas Press release curanmor di Polres Sijunjung.

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM -- Kepolisian Resort (Polres) Sijunjung berhasil menggagalkan pencurian kendaraan bermotor. 

Tiga tersangka berhasil diamankan dan harus menikmati dinginnya sel jeruji. Satu diantaranya adalah residivis kasus yang sama sehingga harus menerima hadiah timah panas dari petugas kepolisian.

Ketiga tersangka yang diamankan tersebut diketahui berinisial AS (32), WU (19) dan  IS (25), warga kecamatan Kupitan. Ketiganya ditangkap setelah mobil Pickup L300 hasil curian yang mereka bawa menabrak pembatas jalan di kabupaten Solok pada Rabu (29/1) lalu sekitar pukul 05.00 WIB. 

Setelah tabrakan, ketiga tersangka langsung kabur. Kemudian petugas kepolisian Polres Arosuka yang ada di lokasi kecelakaan menghubungi Polsek IV Nagari saat dipastikan mobil L300 dengan nopol BA 9906 KP warna Hitam itu adalah hasil curian. 

Hal itu terbukti setelah salah seorang warga bernama Rosmanizar (45),warga Jorong Ladang Kapeh, Nagari Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan kehilangan mobil pickup L300 miliknya yang terparkir di depan rumahnya, tepatnya di garasi rumah korban di perumahan AIC, Jorong Ladang Kapeh, Nagari Padang Sibusuk pada hari yang sama.

“Berarti para pelaku mencuri mobil itu sekitar pukul 02.00 atau 03.00 WIB. Korban baru sadar dirinya jadi korban pencurian sekitar pukul 05.30 WIB, setelah salat Subuh,” ungkap Kapolres Sijunjung AKBP Driharto saat gelar jumpa pers, Senin (10/2) di Mapolres Sijunjung.

Dijelaskan Kapolres, tersangka yang berinisial AS ditangkap pada Kamis (30/1) saat sedang berada di Wilayah Cupak Kabupaten Solok, tepatnya di jorong Guguak Jaik, Cupak. 

Dia berhasil ditangkap dan dilakukan tindakan tegas dan terukur, karena sempat berupaya melarikan diri serta melakukan perlawanan.

Setelah dilakukan interogasi terhadap tersangka AS, jelas Kapolres, diperoleh informasi ada tiga orang yang terlibat  saat aksi curanmor mobil L300 di Padang Sibusuk tersebut.

Kemudian Kanit Reskrim Polsek IV Nagari berkoordinasi dengan Kanit Opsnal Sat Reskrim untuk mengamankan dua orang tersangka lainnya di Nagari Padang Sibusuk, yakni FI dan IN.  

"Kedua tersangka berhasil ditangkap di tempat yang berbeda di Nagari Padang Sibusuk, Kecamatan Kupitan,” tutur Kapolres.

Pengakuan tersangka, sambung Kapolres, sebelum melakukan aksi pencurian, mereka terlebih dahulu melakukan pengintaian di Perumahan GSI Jorong Ladang Kapeh, Nagari Padang Sibusuk. 

Setelah mendapatkan targetnya, dengan menggunakan kunci leter T dan leter Y para pelaku langsung membawanya ke Muaro Labuh, Kabupaten Solok Selatan untuk dijual kepada Penadah.

Baru sampai di Solok, pelaku tertangkap karena mobil curiannya menabrak pembatas jalan karena menghindari razia polisi di Polsek Kubung, Solok.

“Atas perbuatan tersebut, para pelaku dijerat pasal 363 ayat (1) ke 3e,4e ,5e tentang pencurian,” tegas Kapolres yang didampingi langsung Wakapolres, Kasat Reskrim dan Kapolsek IV Nagari Iptu Dian Jumes Putra. 

Pihaknya juga mengimbau kepada warga masyarakat agar berhati hati saat memarkirkan kendaraan, baik di rumah maupun di pelataran parkir lainnya. 

"Kalau bisa diberikan kunci tambahan sehingga aman," tutup Kapolres. (*)

Reporter : Oghay /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]