Kemenlu: Waspada Berpergian ke Singapura!


Senin, 10 Februari 2020 - 15:32:14 WIB
Kemenlu: Waspada Berpergian ke Singapura! Ilustrasi

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) memutuskan menaikkan status peringatan perjalanan ke Singapura menjadi Kuning. Meski tidak melarang, pemerintah meminta warga negara Indonesia yang sedang berada atau akan menuju Singapura supaya waspada dengan penyebaran virus corona.

"Merespon perkembangan penyebaran virus Corona baru (2019-nCoV) di Singapura, status tingkat kewaspadaan perjalanan ditingkatkan menjadi Kuning," demikian isi pernyataan Kemenlu dalam situs Safe Travel, seperti dilansir CNNIndonesia.com, Senin (10/2).

Pemerintah mengimbau supaya WNI menjaga stamina fisik dan psikis, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, rutin mencuci tangan, menggunakan masker, mengurangi aktivitas di luar rumah, serta menghindari interaksi dengan keramaian publik.

Sampai saat ini dilaporkan ada 40 orang yang terinfeksi virus corona di Singapura. Salah satunya adalah seorang WNI yang bekerja sebagai asisten rumah tangga.

WNI tersebut saat ini dirawat di Rumah Sakit Umum Singapura. Dia diduga tertular virus tersebut dari sang majikan.

Pada 7 Februari lalu, Kementerian Kesehatan Singapura telah meningkatkan penilaian risiko Disease Outbreak Response System Condition (DORSCON) dari warna kuning menjadi warna oranye. Penetapan ini berdasarkan bertambahnya orang yang terinfeksi virus corona di Singapura.

Beberapa kasus infeksi tersebut bersifat lokal yang tidak memiliki hubungan dengan kasus sebelumnya, dan pasien tidak memiliki riwayat perjalanan ke China.

Dengan penetapan indikator DORSCON menjadi warna oranye, wabah 2019 novel coronavirus (2019-nCoV) telah dikategorikan sebagai virus yang berbahaya oleh pemerintah Singapura.

Jumlah orang yang meninggal dunia akibat virus corona sampai hari ini dilaporkan mencapai 910 orang. (*)


 

loading...
 Sumber : cnnindonesia /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]