Siapkan Lahan Seluas 6.000 Hektar, Sumbar Targetkan Jadi Sentral Bawang Putih


Senin, 10 Februari 2020 - 17:30:02 WIB
Siapkan Lahan Seluas 6.000 Hektar, Sumbar Targetkan Jadi Sentral Bawang Putih Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumbar, Candra. Ist

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Pemprov Sumbar optimis menjadi sentra produksi bawang putih pada tahun 2021 mendatang. Untuk mewujudkan impian itu, pemerintah telah menggenjot penanaman bawang di sejumlah wilayah yang ada di daerah tersebut. Bahkan telah dipersiapkan lahan 6.000 hektar (ha) untuk pengembangan komoditi tersebut.

Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Provinsi Sumbar, Candra mengatakan, keseriusan untuk pengembangan produksi bawang putih di Sumbar di beberapa daerah yang potensial, seperti di Kabupaten Tanah Datar, Agam, Alahan Panjang dan Solok.

Pengembangan lahan ini bertujuan meningkatkan produksi lokal akan komoditas bawang putih yang sebelumnya telah menargetkan tahun 2021 menjadi sentral bawang putih dengan target tanam seluas 6.000 hektar dengan harapan Sumbar tidak lagi butuh bawang putih impor.

"Kita akan ajak kelompok petani untuk tanam bawang putih di daerah ketinggian seribuan MDPL melalui program budidaya, untuk mencapai target tahun 2020 ini tanam seluas 2.000 hektar," tutur Candra, baru-baru ini.

Permasalahannya di Sumbar, kata Candra, petani kurang meminati tanam bawang putih, pasalnya panen bawang putih lebih lama dari bawang merah mencapai empat bulan. Selain itu, harga bawang putih ditingkat petani belum jelas, dan masih banyak petani kurang memahami proses penanaman, budidaya, dan perawatannya.

Selanjutnya Candra segera menyiapkan langkah langkah strategis pasca panen perdana. Seperti, menyiapkan bibit bawanh putih diprioritaskan menjadi produk unggulan.

"Patut kita syukuri dengan hasil panen ini, kita akan menyiapkan langkah strategis pasca panen. Sehingga hasil panen petani bisa maksimal," imbuhnya. (*)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM