Ini Alasan RI Tetap Terbang ke Singapura Meski Status Siaga Corona


Selasa, 11 Februari 2020 - 06:33:03 WIB
Ini Alasan RI Tetap Terbang ke Singapura Meski Status Siaga Corona Bandara Changi Singapura. Foto: Johanes Randy

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM -- Singapura meningkatkan status kewaspadaan terhadap penyebaran virus Corona. Perlukah Indonesia menutup penerbangan dari dan ke Singapura?

"Kita tidak menutup dari dan ke Singapura, begitu juga dari dan ke Malaysia, kalau dari dan ke China langsung kita tutup," ujar Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin ditemui di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (10/2/2020).

Sejauh ini, menurut Awaluddin belum ada laporan dari maskapai terkait kemungkinan banyaknya pembatalan penerbangan dari Indonesia ke Singapura maupun sebaliknya. Kendati demikian, pihaknya akan terus melakukan pemantauan atas kemungkinan tersebut.

Mengingat bahayanya, apakah penumpang bisa membatalkan penerbangan yang sudah dipesan lewat paket travel?

Menurut Sekretaris Jenderal Asosiasi Travel Agen Indonesia (Astindo) Pauline Suharno perjalanan yang sudah dipesan tidak bisa dibatalkan pasalnya agen travel sudah mempersiapkan booking hotel maupun tiket pesawat dari jauh hari.

"Perjalanan dibatalkan sama sekali sudah tidak mungkin dari travel agent. Kalau untuk keberangkatan Rabu ini, otomatis penumpang sudah melakukan reservasi jauh-jauh hari kan ya. Semua persiapan yang dilakukan oleh travel agent pun sudah dilakukan sebelumnya," kata Pauline, Senin (10/2/2020).

Lalu kalau ada pembatalan yang dilakukan akan membuat agen travel mendapat penalti dari hotel dan maskapai yang bekerja sama dengannya. Sehingga agen travel pun tidak bisa memberikan refund alias pengembalian uang penuh ke konsumen.

Pauline menegaskan bahwa agen travel tidak bermaksud untuk menjadi tega tanpa toleransi, namun memang pembatalan perjalanan tidak bisa tanpa potongan penalti.

Lain halnya apabila sudah ada travel warning dan pembatasan akses menuju ke Singapura. Otomatis agen travel akan mengusahakan melakukan pembatalan dan me-refund semua pembayaran secara penuh.

Sebelumnya, Indonesia sudah menghentikan sementara penerbangan dari dan ke China per 5 Februari 2020 hingga waktu yang belum ditentukan. Hal tersebut guna mencegah penyebaran virus Corona ke Tanah Air.

Akibatnya, terjadi penurunan lalu lintas (traffic) penerbangan internasional dari dan ke RI khususnya Bandara Soekarno-Hatta hingga 1,5%.

Akan tetapi, penurunan traffic tersebut tak terlalu signifikan. Pasalnya, penyumbang lalu lintas penerbangan terbesar masih berasal dari domestik yang bisa mencapai 80% dari total traffic.

Sedangkan, penerbangan internasional hanya menyumbang 20%-22% dan paling banyak sampai 25% dari total traffic.

Sebelum virus corona merebak, rata-rata trafficpenerbangan jumlah rata-rata lalu lintas penerbangan di bandara Angkasa Pura II rata-rata tercatat sekitar 1.200 penerbangan per harinya. Sedangkan penerbangan dari dan menuju China hanya mencapai sekitar 126 penerbangan per minggu atau sekitar 14-16 penerbangan per hari. 

Semenjak diberlakukan kebijakan tersebut, seluruh penerbangan dari dan ke China dihentikan total kecuali penerbangan tidak langsung untuk mengangkut kargo. (*)

 Sumber : Detik /  Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Senin, 25 Mei 2020 - 20:07:19 WIB

    Ini Dia Aturan The New Normal untuk Pekerja

    Ini Dia Aturan The New Normal untuk Pekerja HARIANHALUAN.COM -- Pemerintah RI mulai memikirkan untuk mengizinkan aktivitas warga, namun dengan ketentuan mengikuti protokol kesehatan cegah virus corona (Covid-19). Tatanan hidup di tengah pandemi corona itu kemudian dike.
  • Senin, 25 Mei 2020 - 17:12:09 WIB

    Amien Rais Meramal: Paruh Abad Ini Air Laut Naik, Manusia Tinggal Setengah

    Amien Rais Meramal: Paruh Abad Ini Air Laut Naik, Manusia Tinggal Setengah HARIANHALUAN.COM - Politikus senior Amien Rais mengkritik istilah new normal yang baru-baru ini digaungkan sebagai skenario baru dalam menghadapi pandemi virus corona..
  • Senin, 25 Mei 2020 - 13:32:19 WIB

    Kapan Masuk Sekolah, Ini Penjelasan dari Para Guru

    Kapan Masuk Sekolah, Ini Penjelasan dari Para Guru HARIANHALUAN.COM - Pemerintah masih belum menetapkan kapan tahun ajaran baru 2020 akan berlangsung akibat pandemi COVID-19. Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Unifah Rosyidi menilai dalam me.
  • Senin, 25 Mei 2020 - 11:02:02 WIB

    Belasan Benda Misterius Muncul di Langit Klaten, Begini Faktanya

    Belasan Benda Misterius Muncul di Langit Klaten, Begini Faktanya HARIANHALUAN.COM -- Belasan benda misterius mirip balon udara terlihat terbang liar di langit wilayah Kabupaten Klaten pagi ini. Benda tersebut terlihat berwarna putih terbang ke arah selatan dan barat..
  • Senin, 25 Mei 2020 - 09:28:25 WIB

    Pemerintah: Kita Tak Bisa Kembali ke Kondisi Normal, Ujian Apalagi Ini?

    Pemerintah: Kita Tak Bisa Kembali ke Kondisi Normal, Ujian Apalagi Ini? HARIANHALUAN.COM -- Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, kita masih akan melalui tahapan-tahapan yang cukup berat. Ia juga menegaskan bahwa situasi yang sedang kita hadapi belum norm.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]