Nagari Alam Pauh Duo Bantu Pendidikan Siswa Miskin, Ketua DPRD Solsel: Patut Ditiru!


Selasa, 11 Februari 2020 - 19:43:48 WIB
Nagari Alam Pauh Duo Bantu Pendidikan Siswa Miskin, Ketua DPRD Solsel: Patut Ditiru! Penyerahan bantuan pendidikan oleh Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda dari program Nagari Alam Pauh Duo. (Istimewa)

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Ketua DPRD Solsel Zigo Rolanda mengatakan, alokasi Dana Desa (DD) setiap Nagari/Desa di Solsel bisa dimanfaatkan untuk pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) sektor Pendidikan. Seperti yang dilakukan Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo.

Hal itu diungkapkan Zigo saat menghadiri sekaligus menyerahkan bantuan dukungan Pendidikan secara simbolis kepada pelajar miskin dan berprestasi di SD N 02 Pekan Selasa, Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo, Selasa (11/2).

Baca Juga : Fadly Amran Gelar Silaturrahmi dengan KAN Lareh Nan Panjang Jelang Ramadan 1442 H

"Program dukungan pendidikan melalui dana desa ini patut ditiru oleh semua Nagari di Solsel. Sebab, pembangunan tidak hanya sektor infrastruktur tapi ada yang lebih penting yaitu pembangunan sektor pendidikan dalam meningkatkan kualitas SDM," sebutnya. 

Bantuan ini, imbuhnya merupakan wujud kepedulian dan program dari Wali Nagari Alam Pauh Duo terhadap dunia pendidikan, dimana dialokasikan dari DD sebesar Rp79.100.000. Kemudian diberikan kepada 113 orang siswa miskin dan berprestasi di sembilan SD/MI dilingkungan Nagari Alam Pauh Duo. 

Baca Juga : BST Kemensos Kembali Disalurkan Pada Keluarga Penerima Manfaat Kota Padang Panjang

"Bantuan diberikan dalam bentuk tas sekolah, sepatu, baju seragam dan alat tulis sekolah yang dijadikan dalam satu paket," ujarnya.

Ia menyebutkan, kabupaten Solsel dimekarkan 16 tahun lalu bukan karena kaya, tapi karena ketertinggalan serta akses yang jauh ke-kab. Solok. "Sehingga menjadi salah satu penyebab ketertinggalan kita di aspek pendidikan," katanya.

Baca Juga : Percepat Transaksi APBD Secara Non Tunai, Bupati Agam Tandatangani SK TP2DD

Menurutnya, saat ini jumlah masyarakat yang berpendidikan di Solsel tiap tahun semakin meningkat. "Tentu ini tidak terlepas dari peran bersama, serta tanggungjawab bersama untuk membangun pendidikan yang dimulai dari usia dini," tuturnya.

Zigo berharap, sektor pendidikan Solsel kedepannya dapat lebih baik lagi. "Dan tentunya secara bersama mempersiapkan generasi Solsel supaya bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri," tutupnya.

Baca Juga : Kota Padang Panjang Terima Penghargaan TP2DD di FEKDI

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Camat Pauh Duo, Bujang Basri, Wali Nagari Alam Pauh Duo, Zainal Abidin, Ketua Bamus Nagari Alam Pauh Duo, Sultani, Kepala Sekolah dan Majelis Guru serta pelajar penerima bantuan dan wali murid. (*)

Reporter : Jefli Bridge | Editor : Agoes Embun
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]