Jangan Lakukan! Kebiasaan Buruk Ini Bikin Virus Mudah Menyebar


Selasa, 11 Februari 2020 - 20:43:31 WIB
Jangan Lakukan! Kebiasaan Buruk Ini Bikin Virus Mudah Menyebar ilustrasi membuang tisu bekas.

HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Saat ini, belum ada vaksin untuk virus corona Wuhan. Itulah sebabnya, pakar kesehatan mengimbau masyarakat untuk lebih menjaga diri sendiri agar tidak tertular virus. Tapi sayangnya, ada beberapa orang yang masih bertindak 'nakal' dengan sengaja agar orang lain juga terinfeksi virus penyebab penyakit pernapasan ini.

Jadi, lebih baik hentikan kebiasaan buruk yang dapat menyebarkan virus seperti ini untuk menghentikan penyebaran penyakit. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang bisa menjadi penyebab penyebaran virus:

  1. Tidak mencuci tangan. Sebenarnya ini adalah hal yang penting, terutama mencuci tangan dengan sabun setidaknya selama 20 detik.
  2. Tidak menutup hidung saat batuk atau bersin, atau menutupi namun tidak mencuci tangan.
  3. Mengupil atau memencet jerawat di depan umum. Sejumlah besar kuman hidup di dalam dan di tubuh manusia, dan mereka mudah menyebar. Menyentuh sekresi tubuh dan kemudian mengoleskan jari pada permukaan umum akan membuat kuman menyebar.
  4. Tidak membuang tisu bekas. Beberapa orang masih meninggalkan tisu bekas di tempat umum yang terbuka. Hal ini tentu masih dapat menyebarkan virus.
  5. Meludah di tempat umum. Lebih baik lakukan ini saat berada di kamar mandi agar langsung dapat disiram.
  6. Membiarkan hewan peliharaan menyentuh, duduk atau menjilat permukaan yang disiapkan untuk makan.
  7. Tidak membersihkan ponsel setiap hari. Pikirkan tangan Anda yang sudah memegang berbagai macam benda yang tidak tahu bagaimana kebersihan benda tersebut. Jadi, bersihkan ponsel setiap hari untuk mengurangi kotoran di permukaannya.

 Sumber : HiMedik /  Editor : Agoes Embun

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 05 April 2020 - 22:44:35 WIB

    Masker Kain Jangan Dipakai Lebih dari 4 Jam, Ini Penjelasannya

    Masker Kain Jangan Dipakai Lebih dari 4 Jam, Ini Penjelasannya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Juru Bicara Pemerintah Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto mengimbau masyarakat untuk mengenakan masker bedah, demi mencegah penularan virus corona. Hal ini sesuai dengan rekomendasi terbaru dari .
  • Jumat, 03 April 2020 - 06:19:34 WIB

    Wagub Sumbar: Corona Bukan Aib, Masyakat Jangan Malu Periksa Jika Ada Gejala

    Wagub Sumbar: Corona Bukan Aib, Masyakat Jangan Malu Periksa Jika Ada Gejala PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit meminta kepada seluruh masyarakat untuk sementara tidak melakukan kegiatan kumpul-kumpul dalam jumlah banyak sosial kemasyarakatan. Pasalnya, jika banyak berdekat.
  • Kamis, 02 April 2020 - 11:10:23 WIB

    Ingat! Smartphone Sarang Virus Corona, Jangan Asal Gunakan Disinfektan

    Ingat! Smartphone Sarang Virus Corona, Jangan Asal Gunakan Disinfektan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Smartphone merupakan salah satu perangkat yang paling sering digunakan semua orang dan berpotensi menjadi sarang virus, termasuk virus corona COVID-19. Pertanyaannya, berapa besar kemungkinan seseo.
  • Rabu, 25 Maret 2020 - 19:01:19 WIB

    Jangan Mudah Percaya, 9 Mitos Virus Corona Ini Ternyata Salah

    Jangan Mudah Percaya, 9 Mitos Virus Corona Ini Ternyata Salah JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Virus Corona atau Covid-19 saat ini tengah menimbulkan banyak kekhawatiran masyarakat. Bagaimana tidak, jumlah pasien terinfeksi yang semakin bertambah setiap harinya membuat setiap orang semakin m.
  • Sabtu, 21 Maret 2020 - 07:39:41 WIB

    Waspadai Diare, Jangan-jangan Anda Terinfeksi Corona

    Waspadai Diare, Jangan-jangan Anda Terinfeksi Corona JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Infeksi virus corona COVID-19 selama ini banyak dikaitkan dengan gejala khas demam, batuk, dan sesak napas. Penelitian terbaru mengungkap, diare juga banyak dikeluhkan pasien corona..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM