WHO Tetapkan Covid-19 Sebagai Nama Resmi Virus Corona


Rabu, 12 Februari 2020 - 01:52:35 WIB
WHO Tetapkan Covid-19  Sebagai Nama Resmi Virus Corona foto mikroskopik Covid-19 (virus corona) Foto: Getty Images

GENEVA,HARIANHALUAN.COM- Organisasi Kesehatan Dunia, WHO  menetapan   Covid-19 sebagai nama  resmi virus Corona.

"Kami sekarang memiliki nama untuk penyakit ini dan itu Covid-19," kata ketua WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus kepada wartawan di Jenewa, seperti dikutip AFP, Selasa (11/2/2020).

Tedros menjelaskan Covid-19 yaitu singkatan dari 'Co' yang artinya 'corona', 'Vi' untuk 'Virus', dan "D" untuk 'Penyakit (disease)'. 

Tedros mengatakan nama itu telah dipilih untuk menghindari referensi ke lokasi geografis tertentu, spesies hewan atau sekelompok orang sesuai dengan rekomendasi internasional untuk penamaan agar menghindari stigmatisasi.

WHO sebelumnya memberi virus nama sementara virus Corona '2019-nCoV' dan Komisi Kesehatan Nasional China minggu ini mengatakan sementara waktu menyebutnya 'novel coronavirus pneumonia' atau NCP.

Dalam konferensi ilmiah internasional di Jenewa, Tedros melihat peluang realistis untuk menghentikan wabah corona.

"Kami bukannya tidak berdaya. Kita harus menggunakan jendela peluang saat ini untuk memukul keras dan berdiri bersama untuk melawan virus ini di setiap sudut. Jika tidak, kita bisa memiliki lebih banyak kasus dan biaya yang jauh lebih tinggi di tangan kita," katanya. (*)

 Sumber : Detik.com /  Editor : Dodi

Akses harianhaluan.com Via Mobile harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 26 Mei 2020 - 09:08:59 WIB

    WHO Ingatkan 'Puncak Kedua' Corona di Negara-negara Ini

    WHO Ingatkan 'Puncak Kedua' Corona di Negara-negara Ini HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan 'puncak kedua' bagi negara yang mulai menghentikan pembatasan atau pelonggaran lockdown karena laporkan penurunan kasus. Peringatan ini disampaikan WHO pada Sen.
  • Senin, 18 Mei 2020 - 14:39:22 WIB

    WHO : Berikut Panduan Belanja di Pasar dan Supermarket Saat Pandemi Covid-19

    WHO : Berikut Panduan Belanja di Pasar dan Supermarket Saat Pandemi Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Pandemi Covid-19 membawa kekhawatiran tersendiri bagi masyarakat, termasuk mengenai virus corona baru yang dianggap bisa menular lewat perantaran buah-buahan dan sayuran yang dijual di pasar tradisional mau.
  • Ahad, 26 April 2020 - 22:48:59 WIB

    Rekomendasi WHO! Ini Pola Makan Sehat Selama Puasa Ramadhan

    Rekomendasi WHO! Ini Pola Makan Sehat Selama Puasa Ramadhan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Seluruh umat Muslim di dunia menjalankan ibadah puasa selama Ramadhan. Mereka menahan diri dari makan dan minum serta melakukan perkara-perkara yang membatalkan puasa mulai dari terbitnya matahari .
  • Selasa, 14 April 2020 - 09:50:14 WIB

    WHO Sebut Tiga Vaksin Corona Telah Diuji ke Manusia

    WHO Sebut Tiga Vaksin Corona Telah Diuji ke Manusia JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan saat ini ada 70 vaksin virus corona yang sedang dalam pengembangan. Tiga di antaranya telah diuji coba ke manusia..
  • Jumat, 03 April 2020 - 21:35:49 WIB

    WHO Tegaskan Sinar Matahari Tidak Bisa Bunuh Virus Corona

    WHO Tegaskan Sinar Matahari Tidak Bisa Bunuh Virus Corona HEALTH, HARIANHALUAN.COM -- Semua orang berusaha melakukan segala cara untuk mencegah penularan virus corona Covid-19, salah satunya berjemur pagi hari. Banyak orang percaya bahwa berjemur pagi hari bisa membunuh virus corona.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]