Tanah Datar Dapat 'Jatah' Rp17,8 Miliar untuk Peningkatan Kualitas Jalan


Rabu, 12 Februari 2020 - 11:58:49 WIB
Tanah Datar Dapat 'Jatah' Rp17,8 Miliar untuk Peningkatan Kualitas Jalan Nofi Hendri

TANAH DATAR, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah ruas jalan provinsi dan kabupaten di Tanah Datar akan ditingkatkan serta dilakukan pengaspalan baru. Tanah Datar yang dilewati 11 ruas jalan provinsi itu, kini kondisi jalannya sudah banyak mengalami kerusakan berupa retak-retak, berlubang, bergelombang dan tidak berfungsinya drainase.

Menanggapi hal itu, Kadis Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU PR) Tanah Datar Nofi Hendri, Rabu (12/2), mengatakan, pemda setiap tahun selalu mengusulkan pembangunan dan rehab jalan kepada Pemprov Sumbar.

“Atas koordinasi dan usulan kita, 2020 ini kucuran dana perbaikan melalui APBD provinsi sebesar Rp17,8 miliar, itu diantaranya untuk jalan Batusangkar - Kubu Karambia berupa pelebaran dengan dana Rp5 miliar, Batusangkar - Ombilin Rp1,5 miliar termasuk pekerjaan pelapisan ulang (overlay) di Pincuran Tujuh, Simpang Baso - Piladang Rp4,5 miliar, Setangkai - Halaban Rp4,8 miliar dan ruas jalan Batusangkar - Baso untuk peningkatan/pelebaran sebesar Rp1,8 miliar,” ungkap Nofi Hendri.

Dikatakan, Pemprov Sumbar telah melakukan verifikasi lapangan ke Tanah Datar dan sudah memasuki tahapan dan proses tender. “Beberapa waktu lalu pemprov telah lakukan verifikasi dan peninjauan langsung ke lapangan, saat ini sudah masuk tahap lelang, diharapkan akhir Maret ini pekerjaan sudah bisa dilaksanakan,” ujarnya.

Kabid Bina Marga Dinas PU PR Refdizalis juga menambahkan, Pemda Tanah Datar melalui Dinas PUPR kembali mengusulkan kepada pemprov terkait perbaikan, pemeliharaan berkala/rutin untuk memperpanjang umur jalan, kelancaran transportasi dan menghindari kecelakaan berlalu lintas.

“Ada 10 ruas jalan wewenang provinsi yang diusulkan untuk pelebaran, pengamanan, kapasitas dan peningkatan struktur jalan, seperti ruas jalan Kubu Kerambil ke batas Batusangkar di Simpang Kiambang, Guguk Cino ke Sawahlunto, batas Kota Payakumbuh ke Sitangkai dan beberapa ruas lainnya yang tentunya tetap menjadi prioritas untuk diperbaiki Pemprov Sumbar,” katanya.

Sementara, untuk program pembangunan, rehab dan pemeliharaan jalan dan jembatan yang menjadi tanggungjawab Tanah Datar melalui DAK 2020, ada tiga paket yang mempergunakan DAK. Paket satu yang menggunakan DAK untuk rehab dan pemeliharaan jalan Koto Baru ke Koto Laweh Kecamatan X Koto sepanjang 2,6 KM, ruas jalan Simpang Tali Agung ke Sungai Patai Nagari Situmbuk Kecamatan Salimpaung sepanjang 2,5 KM, ruas simpang Manunggal ke Padang Ganting Kecamatan Padang Ganting sepanjang 3,2 KM ditambah pemeliharaan berkala ruas jalan Rambatan menuju Turawan via Galogandang sepanjang 2,7 KM dengan anggaran biaya Rp12,38 miliar.

Paket dua untuk lanjutan pengaspalan pembangunan ruas l simpang Silambiak menuju Tapi Selo Kecamatan Lintau Buo Utara via Koto Tangah Kecamatan Tanjung Emas, kemudian simpang guguak putih saidu menuju Kapalo Koto Kecamatan X Koto dengan total dana Rp.8,1 miliar. Dan Paket tiga melalui DAK untuk pelebaran jalan Batusangkar menuju Balai Tangah Kecamatan Sungayang dengan dana Rp3,58 miliar.

"Pelaksanaan pekerjaan melalui DAK, Insya Allah dilaksanakan pada akhir Maret nanti, karena kita juga akan segera lakukan proses lelang. Untuk kegiatan menggunakan DAU saat ini dalam tahap finishing, beberapa pergeseran dan perubahan anggaran, namun tetap akan diupayakan segera,” katanya. (*)

loading...
Reporter : Feri Maulana /  Editor : NOVA

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]