Pimpinan DPRD Solsel Bereaksi Menyoal Pernyataan Kepala BPIP


Rabu, 12 Februari 2020 - 13:50:27 WIB
Pimpinan DPRD Solsel Bereaksi Menyoal Pernyataan Kepala BPIP Pimpinan DPRD Solsel, Zigo Rolanda, (tengah) Ali Sabri Abbas (kiri) dan Armen Syahjohan (kanan) kompak. (Istimewa)

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Tiga orang Pimpinan DPRD Solsel ikut angkat bicara terkait pernyataan Yudian Wahyudi soal agama menjadi musuh terbesar Pancasila.

"Pernyataan Kepala BPIP itu pemikiran orang yang cacat akal dan nalarnya. Sudah jelas pada Sila pertama Pancasila berbunyi 'Ketuhanan Yang Maha Esa'," ucap Wakil Ketua DPRD Solsel, Ali Sabri Abbas pada Harianhaluan.com, Rabu (12/2/2020).

Kemudian, kata Ali cerminan pentingnya kehidupan beragama juha ada pada pembukaan UUD 1945. "Jelas disebutkan atas berkat rahmat Allah yang maha kuasa," beber Ketua DPD PAN Solsel itu.

Apabila dikaji pasal per-pasal dalam UUD 1945, sudah jelas kehidupan beragama dilindungi di Negara Kesatuan Republik Indonesia. "Lalu, kalau agama jadi 'ancaman' maka Pancasila berkurang dong atau tidak lengkap Sila-nya," katanya.

Senada, Wakil Ketua DPRD yang juga Ketua DPC Gerindra Solsel, Armen Syahjohan menyatakan jika pernyataan tersebut sangat keliru karena setiap orang yang taat menjalankan ajaran agama cenderung lebih baik budi pekertinya.

"Setiap agama mengajarkan pada kebaikan. Apalagi, dalam salah satu butir Pancasila di Sila pertama adalah mengakui adanya Tuhan. Bagaimana bisa dikatakan agama musuh ideologi dari dasar Negara Indonesia. Ungkapan Itu, tidak tepat," tuturnya.

Menurutnya, persoalan seperti teroris dan lainnya tidak dapat dikaitkan karena agama memiliki mekna yang luas. "Adanya teroris itu lebih spesifik jangan dikaitkan agama dalam artian yang luas," lanjutnya.

Terpisah, Ketua DPRD Zigo Rolanda yang juga selaku Ketua DPD Golkar Solsel mengatakan jalankan saja tugas dan tanggungjawab masing-masing.

"Sudahlah jangan dibawa-bawa agama sebagai politik identitas. Jangan adalagi saling menyalahkan. Agama adalah bagian dari Pancasila sesuai bunyi sila pertama," tegasnya singkat. (*)

Reporter : Jefli | Editor : Milna
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]