Ibnu Asis : Infrastruktur Dominasi Usulan Musrenbang


Rabu, 12 Februari 2020 - 16:55:23 WIB
Ibnu Asis : Infrastruktur Dominasi Usulan Musrenbang Anggota DPRD Kota Bukittinggi, Ibnu Asis.

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM -- Anggota DPRD Kota Bukittinggi, Ibnu Asis, meapresiasi penyelenggaraan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat kelurahan se- Kota Bukittinggi yang dilaksanakan tepat waktu, sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 54 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional.

"Alhamdulillah, kita bersyukur bahwa pelaksanaan Musrenbang tahun ini lebih baik dan diawal waktu. Hal ini menjadi bukti keseriusan dan kesungguhan semua pihak untuk mengawal prosesi perencanaan pembangunan ini secara lebih matang dan mantap," kata Ibnu Asis, Rabu (12//2/2020).

Ia mengatakan, Musrenbang kelurahan se-Kota Bukittinggi yang diselenggarakan dari tanggal 3-13 Februari 2020, merupakan musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) kelurahan bersama pemerintah daerah, untuk menyepakati rencana kegiatan untuk tahun anggaran berikutnya.

Dalam hal ini, Pemko Bukittinggi melalui Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kota Bukittinggi, menjadi leading sector yang bertanggungjawab memfasilitasi kegiatan Musrenbang tersebut sampai tingkat Kecamatan dan tingkat Kota Bukittinggi.

Sebagaimana diketahui ujar politisi PKS ini, bahwa pada setiap prosesi Musrenbang menggunakan berbagai pendekatan, yaitu pendekatan politik, teknokratik, partisipatif, atas-bawah (top-down) dan bawah-atas (bottom-up), untuk menghasilkan dokumen perencanaan pembangunan yang baik, sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk dapat dilaksanakan.

Ibnu Asis juga memberi penghargaan atas kinerja total Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) pada masing-masing kelurahan, yang telah mempersiapkan dan memfasilitasi beragam usulan masyarakat untuk kelanjutan perencanaan kegiatan pembangunan pada bidang infrastruktur, bidang perekenomian dan kesejahteraan rakyat, bidang Sosial dan kebudayaan.

"LPM secara kelembagaan berikut personalianya telah memberikan kontribusi yang sangat positif dan berarti bagi pelaksanaan Musrenbang di tingkat Kelurahan-kelurahan se-Kota Bukittinggi," ungkap anggota Komisi II DPRD Kota Bukittinggi ini.

Terkait keseluruhan materi muatan dan usulan kegiatan Musrenbang kali ini, pria bersahaja ini menyebutkan, hampir 50 persen usulan kegiatan Musrenbang masih didominasi oleh usulan perencanaan pembangunan di bidang infrastruktur. 30 persennya usulan di bidang perekonomian dan kesejahteraan rakyat, dan 20 persennya lagi usulan di bidang sosial dan kebudayaan.

"Dapat disimpulkan secara umum, bahwa saat ini masyarakat kita masih membutuhkan dan mengharapkan pembangunan di bidang infrastruktur dari pada 2 bidang yang lainnya, yaitu bidang perekonomian dan kesejahteraan rakyat, serta bidang sosial dan kebudayaan," sebut Ibnu Asis.

Kedepan, ia berharap adanya upaya yang optimal dari semua stakeholder tanpa terkecuali untuk menghadirkan proporsionalitas dan keseimbangan pembangunan pada ketiga bidang yang menjadi fokus perencanaan pembangunan. Karena keseimbangan perencanaan pembangunan yang dimaksud, merupakan cerminan akan muncul dan hadirnya keadilan pada semua sektor pembangunan di Kota Wisata tercinta ini.

"Jiika situasi dan kondisi ideal ini terjadi, sesungguhnya kita sedang berusaha mengaplikasikan pesan penting yang menjadi nafas utama Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, yaitu bangunlah jiwanya, bangunlah badannya, untuk Indonesia Raya," pungkas Ibnu Asis. (*)

Reporter : Gatot /  Editor : Milna
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]