Server SIAK Rusak, Pelayanan Disdukcapil Mentawai Terhenti


Rabu, 12 Februari 2020 - 17:19:44 WIB
Server SIAK Rusak, Pelayanan Disdukcapil Mentawai Terhenti Suasana pelayanan administrasi kependudukan di Disdukcapil Kabupaten Kepulauan Mentawai.

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM -- Pelayanan administrasi kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Kepulauan Mentawai untuk sementara terhenti, hal tersebut dikarenakan Server Sistim Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) mengalami kerusakan.

Hal tersebut dikatakan oleh Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Mentawai Jusmil A, bahwa kerusakan Server Siak terjadi sejak selasa kemaren (11/2/2020) sehingga untuk sementara pelayanan dihentikan.

"Sekarang ini upaya yang kami lakukan adalah menjemput server yang ada di Kecamatan Sipora Selatan, nah sepanjang dalam penjemputan server tidak ada kegiatan pelayanan administrasi kependudukan, karena untuk melakukan kegiatan capil, kita memerlukan server," Kata Jusmil kepada Haluan, Rabu (12/2/2020) di ruang kerjanya.

Ia menyebutkan Server yang digunakan saat ini adalah milik Kecamatan Sipora Utara, sedangkan server yang stanby di Disdukcapil telah rusak lebih awal yakni pada tahun 2014 silam, dimana kata Jusmil server tersebut merupakan penyimpanan data informasi kependudukan.

"Jadi kalau server tidak berfungsi, maka kegiatan lainnya seperti pembuatan KTP, Akte lahir, penambahan kk, perubahan status KTP dan lain sebagainya, kecuali perekaman KTP masih bisa kita lakukan, karena tidak berhubungan langsung dengan server, selebihnya tidak bisa kita lakukan," paparnya.

Menurutnya faktor penyebab kerusakan Server Siak adalah dikarenakan usianya yang sudah mulai tua, sehingga mudah rusak, Ia menyebutkan 11 server yang ada di Kepulauan mentawai rata-rata sudah berusia kurang lebih 10 Tahun.

"Sejak saya pindah kerja ke sini Server tersebut sudah ada, diperkirakan servernya sudah berusia 10 Tahun, jadi wajar mengalami kerusakan, 11 server tersebut di tempatkan di 10 Kecamatan dan 1 Kantor Dukcapil, sekarang ini suda dua server yang rusak, yang pertama milik Dukcapil, kemudian milik Kec.Sipora Utara, sekarang ini server Kec.Sipora Selatan sedang dijemput, Kadisnya langsung yang turun," timpalnya.

Sementara itu Iksan (21) warga Dusun Jati, Desa Tuapejat yang hendak mengurus Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Disdukcapil, terpaksa kembali setelah mengetahui tidak ada pelayanan administrasi kependudukan, dikarenakan Server rusak. Kemudian dari pantauan HALUAN pelayana administrasi kependudukan memang tidak dilakukan.

" Iya gimana lagi, terpaksa menunggu sampai ada pelayanan administrasi kependudukan lagi," tuturnya. (*)

Reporter : Redi | Editor : Milna
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]