Marak Isu Penculikan Anak di Kota Padang, Siswa SD Diimbau Jangan Takut Berteriak


Rabu, 12 Februari 2020 - 19:59:47 WIB
Marak Isu Penculikan Anak di Kota Padang, Siswa SD Diimbau Jangan Takut Berteriak Ilustrasi

PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Kasus penculikan anak cukup meresahkan warga kota dan Pemerintah Kota (Pemko) Padang bakal melibatkan banyak pihak dalam menimbulkan rasa aman di tengah masyarakat. Petugas SK4, Babhinkamtibmas dan Babinsa untuk mengantisipasi kasus penculikan yang mulai marak di daerah itu.

"Kita segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait tersebut untuk mencegah kasus penculikan anak terulang kembali di Kota Padang," ujar Kepala Kesbangpol Kota Padang, Yuska Libra Fortunan, Rabu (12/2/2020).

Menurutnya, patroli tersebut nantinya dilaksanakan pada saat jam pergi dan pulang sekolah. Lalu, Petugas SK4, Babhinkamtibmas dan Babinsa juga akan berpatroli mencegah atau mengatasi persoalan tawuran antar pelajar.

Disebutkannya, kasus penculikan siswa SD di daerah Lubuk Kilangan memang menjadi pelajaran oleh semua pihak untuk lebih meningkatkan kewaspadaan atau kehati-hatian.

Pihak Kesbangpol pun telah mengunjungi korban penculikan tersebut di rumah orangtuanya. "Kita cukup salut kepada anak tersebut sehingga bisa melepaskan diri dari pelaku penculikan," jelasnya.

Dikatakannya, Kesbangpol juga telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Padang untuk menyampaikan surat edaran atau imbauan kepada sekolah dan orangtua siswa.

Surat edaran itu, mengajak pihak sekolah untuk meningkatkan kewaspadaannya mencegah kasus penculikan anak. Di samping itu, orangtua pun juga lebih hati-hati dan mengingatkan kepada anak mereka masing-masing supaya jangan mudah percaya dengan orang yang tak dikenal.

"Apalagi bila sampai diajak pergi mengunakan kendaraan dengan berbagai alasan. Lalu, anak juga diajarkan untuk berteriak, bila ada orang yang berupaya mengajak dengan cara memaksa," kata Yuska. (*)

 Editor : Milna

Akses harianhaluan.com Via Mobile m.harianhaluan.com

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Kamis, 26 Maret 2020 - 09:26:24 WIB

    Peduli Corona, Komunitas Sumarak Serahkan Bantuan ke Pemko Padang

    Peduli Corona, Komunitas Sumarak Serahkan Bantuan ke Pemko Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM -- Berbagai bantuan datang untuk mencegah Corona Virus Disease 19 (Covid-19) di Padang Teranyar, komunitas Sumarak yang datang mengantarkan bantuan ke Pemko Padang..
  • Selasa, 20 Agustus 2019 - 22:04:37 WIB

    Semarak dan Meriah, BKKBN Sumbar Peringati Hari Remaja Internasional

    Semarak dan Meriah, BKKBN Sumbar Peringati Hari Remaja Internasional PADANG, HARIANHALUAN.COM- Dalam memperingati hari remaja internasional, BKKBN provinsi Sumbar melakukan Promosi Pendewasaan Usia Perkawinan (PUP) pada "Hari Remaja Internasional” dengan tema “Its Time to Action And Achie.
  • Senin, 03 Desember 2018 - 14:36:51 WIB

    Balapan Liar dan Geng Motor Marak di Padang

    Balapan Liar dan Geng Motor Marak di Padang PADANG, HARIANHALUAN.COM – DPRD Kota Padang mendesak kepolisian rutin menertibkan balapan liar dan geng motor yang ada di Kota Padang. Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang, Iswandi Mukhtar, Minggu (2/12) mengatakan, keberadaa.
  • Kamis, 21 September 2017 - 20:54:50 WIB

    Marak Angkutan Berbasis Online di Padang, Weno: Jadi Pemicu Tingkatkan Layanan Angkutan Umum

    Marak Angkutan Berbasis Online di Padang, Weno: Jadi Pemicu Tingkatkan Layanan Angkutan Umum PADANG, HARIANHALUAN.COM - Maraknya angkutan daring dengan masuknya Gojek, Grab dan Uber di Kota Padang seharusnya jadi pemicu bagi pengusaha angkutan umum untuk meningkatkan layanan..
  • Kamis, 27 April 2017 - 10:51:30 WIB

    Parkir Liar Kembali Marak di Permindo

    Parkir Liar Kembali Marak di Permindo PADANG, HALUAN - Parkir meter yang baru saja berjalan dengan baik, saat ini kembali terganggu. Pasalnya, juru parkir liar kembali beraksi memungut uang parkir kepada masyarakat yang parkir di khawasan parkir meter yang telah .
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM