Kasihan..! Sebulan Pasca Digigit Anjing Liar, Pasien Rabies Dirawat di Ruang Isolasi


Kamis, 13 Februari 2020 - 12:43:17 WIB
Kasihan..! Sebulan Pasca Digigit Anjing Liar, Pasien Rabies Dirawat di Ruang Isolasi Ruang interne RSUD Solsel tampak luar. foto JEFLI

SOLOK SELATAN,HARIANHALUAN.COM- Seorang pasien kasus gigitan Anjing liar (rabies) di rawat di ruang Isolasi penyakit dalam RSUD Solsel. Pasien itu bernama Halimah tinggal di Taluak Aia Putiah, Kecamatan Sangir.

"Pasien masuk Selasa (11/2) di RSUD Solsel. Jadi datangnya terlambat karena sebulan lebih setelah terinfeksi atau digigit anjing liar. Saat ini sudah mendapatkan perawatan di ruang Isolasi," kata dokter penyakit dalam RSUD Solsel, dr. Evelin Veronika pada Harianhaluan.com, Kamis (13/2).

Menurut, dr. Evelin perawatan pasien rabies itu saat ini tetap dilakukan berupa penanganan klinis. "Penanganan klinis dulu. Memang kita rencanakan merujuk ke RS M.Djamil namun dikarenakan ruangan Isolasi penuh disana sehingga belum bisa merujuknya," sebutnya.

Kondisi pasien itu, imbuhnya saat ini dalam kondisi stabil tapi bukan berarti sembuh. "Tapi, yang namanya rabies karena sudah lama, kemungkinan perburukan bisa saja terjadi. Kita tidak bisa memastikan, apalagi kabarnya, anjing liar itu sudah mati dengan sendirinya," sebutnya.

Ia menyebutkan, apabila mendapatkan vaksin dari awal atau dalam rentang waktu maksimal tujuh hari setelah gigitan maka akan bisa dihindari kemungkinan prognosa buruk. "Akan tetapi kondisi saat ini yang sudah lama terinfeksi prognosanya buruk," ucapnya.

Ia berharap, setiap warga yang mendapatkan gigitan hewan pembawa rabies untuk segera melaporkan kepada Bidan Desa atau Puskesmas terdekat.

"Supaya cepat mendapatkan vaksin dan hewannya juga di observasi," katanya.

Jadi jangan anggap sepele gigitan hewan pembawa rabies seperti, anjing, kucing, kera, musang dan kelelawar. (*)

Reporter : JEFLI /  Editor : Dodi
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 01 Maret 2020 - 21:29:09 WIB

    Duh Kasihan..!  Cewek Ini Dilempari Cairan Diduga Sperma

    Duh Kasihan..!  Cewek Ini Dilempari Cairan Diduga Sperma MAKASSAR,HARIANHALUAN.COM- Seorang remaja di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), dilempari cairan diduga sperma oleh pengendara motor yang melintas. Pelaku juga sempat memamerkan alat kelaminnya kepada korban sebelum me.
  • Ahad, 10 November 2019 - 06:54:15 WIB

    Kasihan..! Motor Penjaja Siomay Ini Tiba-tiba Terbakar

    Kasihan..!  Motor Penjaja Siomay Ini Tiba-tiba Terbakar JAKARTA,HARIANHALUAN.COM-Motor yang  tiap hari  digunakan untuk berjualan siomay tiba-tiba terbakar, Mingggu pagi. Diduga  akibat kompor pemasak siomay meledak..
  • Jumat, 18 Oktober 2019 - 18:16:36 WIB

    Kasihan..! Saat Ditemukan Bayi Ini Dalam Kondisi Kelaparan

    Kasihan..! Saat Ditemukan Bayi Ini Dalam Kondisi Kelaparan PADANG,HARIANHALUAN.COM-- Warga dihebohkan oleh peristiwa  penemuan bayi dalam bak mobil pikup Grand Max warna putih. Saat ditemukan bayi yang diperkirakan berusia baru satu minggu  ini diduga  dalam kondisi   kelaparan..

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]