Tebing Batang Nareh Rusak Parah, Perkebunan Warga Terancam Gerusan Air


Kamis, 13 Februari 2020 - 18:23:25 WIB
Tebing Batang Nareh Rusak Parah, Perkebunan Warga Terancam Gerusan Air KONDISI kerusakan penahan tebing normalisasi Batang Nareh di Korong Kajai, Nagari Campago Barat, Kec V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman. TRISNALDI

PADANG PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Penguatan tebing normalisasi Batang Nareh di Korong Kajai, Nagari Campago Barat, Kec V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, kini rusak parah. Kondisi kerusakan itu ada pada beberapa titik pada bentangan sepanjang lebih kurang 500 meter.

Pantauan harianhaluan.com di lokasi, kerusakan itu ditandai dengan penguatan tebing normalisasi yang patah, putus, ambruk dan merenggang, ada yang masuk ke aliran sungai.

Tangga yang ada pada bentangan normalisasi ketika masih baik, dimanfaatkan masyarakat untuk ke batang air, kini tidak lagi demikian. Pasalnya, tangga tak bisa lagi digunakan karena telah patah-patah dan amblas ke dalam sungai.

Selain itu, bentangan penguatan normalisasi pada sejumlah titik tampak telah putus dan ambruk. Normalisasi yang dibangun sejak tahun 2011 lalu dengan dana miliaran rupiah terlihat seperti terabaikan, bantarannyapun ditumbuhi semak belukar.

Kondisi kerusakan sudah tahunan, sampai Kamis (13/2) belum tampak tanda-tanda adanya perbaikan dari pihak berkompeten di daerah ini.

Sementata pemuka masyarakat Kajai, Darman mengatakan, kerusakan yang ada pada normalisasi itu sudah lama. Arus sungai batang nareh yang kuat apalagi ketika banjir, menambah parah kerusakan selain gerusan erosi.

“Diharapkan kerusakan itu dapat perbaikan dari pihak berkompeten. Jika tidak, hamparan ladang, kebun masyarakat yang ada akan habis digerus air,” ungkapnya.

Senada dengan itu, Sekretaris Nagari Campago Barat, Kec V Koto Kampung Dalam, Kabupaten Padang Pariaman, Femi yang dihubungi mengatakan tentang kerusakan penguatan tebing normalisasi. “Sudah terjadi sejak tahun 2019. Sudah dimasukan proposal untuk perbaikan, langsung ke Balai Sungai Wilayah 5. Sekarang sedang menunggu hasilnya,” kata Femi.

Begitupun pada musrenbang tingkat kecamatan tahun 2020 ini, juga dibahas. “Mudah-mudahan upaya yang dilakukan membuahkan hasil,” kata dia mengakhiri. (h/tri)

loading...
Reporter : Trisnaldi /  Editor : Heldi

Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]